oleh

UI Luncurkan Platfrom Pembelajaran Daring MUI Academy

Siarandepok.com– Universitas Indonesia (UI) melakukan peluncuran Makara UI (MUI) Academy bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada Selasa (17/8), yakni platform pembelajaran daring yang dapat membantu mewujudkan akses pendidikan inklusif. MUI Academy ditujukan agar dapat diakses dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja. Pada acara peluncuran tersebut diadakan juga talkshow dengan tema “Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Maju.”

MUI Academy adalah produk komersial yang dikemas dalam bentuk video dan platform pembelajaran berbasis web. Produk ini merupakan hasil kerja sama antara PT Daya Makara UI, Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Indonesia (LSP UI), dan PT Iam Edu Networks. PT Iam Edu Networks adalah perusahaan platform pendidikan yang didirikan di Indonesia bersama perusahaan EduTech terbesar di Korea yaitu NHN Edu, yang menyediakan berbagai layanan digital untuk membantu tata kelola sekolah, seperti ruang konsultasi virtual, penyusunan jadwal, bahan pelajaran, kelas jarak jauh, dan ruang diskusi daring. Dalam kerja sama ini, PT Daya Makara UI berperan dalam penyusunan kurikulum dan materi pembelajaran serta penyediaan trainer, LSP UI sebagai pelaksana proses asesmen sertifikasi berbasis kompetensi dan asesor, dan PT Iam Edu Networks berperan sebagai penyedia platform, multimedia, konten, dan operasional.

Program MUI Academy ini diresmikan oleh Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi RI Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Asean Eng., yang mewakili Menteri Kemendikbud Ristek RI, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. Dalam kata sambutan, Prof. Nizam mengatakan bahwa Kemendibud Ristek menyambut baik kehadiran MUI Academy. “Dengan adanya MUI Academy, semoga bisa menjadi mata air bagi masyarakat yang ingin terus belajar. Sesungguhnya, kegiatan re-learning, re-skilling, dan unlearning merupakan suatu keniscayaan di era transformasi digital yang menuntut masyarakat untuk terus belajar kecakapan dan kemampuan-kemampuan baru,” ujarnya.

Perguruan tinggi memegang peranan penting dalam upaya beradaptasi di era digital. Hal ini juga turut disampaikan oleh Menteri Ketenagakerjaan RI, Dr. Hj. Ida Fauziah, M.Si., yang menjadi pembicara kunci dalam kegiatan ini. Menurutnya, pendidikan tinggi merupakan salah satu kunci pencipta sumber daya manusia unggul untuk pembangunan Indonesia, karena pendidikan tinggi dapat menciptakan transformasi struktur ekonomi, mobilitas sosial ekonomi vertikal antar generasi, dan akses lapangan kerja bagi perempuan.

Dalam pemaparannya, Menaker mengutip data dari Badan Pusat Statistik pada Februari 2021, dari total 35,8 juta orang angkatan kerja muda berusia 15-29 tahun, sekitar 15,08% memiliki pendidikan tinggi, sedangkan dari total 102.06 juta orang angkatan kerja berusia 30 tahun ke atas, hanya sekitar 12,24 % yang pernah mengenyam pendidikan tinggi. Hal ini mengindikasikan pendidikan tinggi telah berhasil menghasilkan mobilitas sosial vertikal antar generasi dan generasi muda kita secara umum memiliki tingkat pendidikan yang jauh lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Untuk itu, keberadaan akses pendidikan yang inklusif seperti MUI Academy menjadi penting, agar masyarakat dapat mengakses pendidikan tinggi bersertifikat tanpa harus melalui proses yang panjang dan berbelit.

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D., menyampaikan dalam kata sambutan bahwa MUI Academy adalah bentuk adaptasi UI terhadap perubahan di era transformasi digital yang terjadi pada 3-5 tahun terakhir ini. Program ini juga salah satu perwujudan komitmen UI dalam pelaksanaan program Kampus Merdeka pemerintah. “Kami bercita-cita MUI Academy dapat menjadi referensi utama dalam pengembangan kapabilitas sumber daya manusia melalui materi berkualitas, sehingga dapat memberikan nilai tambah terbaik dalam membangun insan Indonesia yang berkaliber dan berkarakter,” ujar Prof. Ari.

MUI Academy menawarkan tiga program bagi penggunanya, yaitu program e-learning, uji kompetensi, dan program bundling yang merupakan gabungan dari program e-learning dan uji kompetensi. Dalam program e-learning peserta akan mendapatkan video pembelajaran, kuis, sesi mentoring dengan trainer, dan e-certificate, sedangkan program uji kompetensi adalah ujian daring yang dapat diikuti oleh masyarakat umum yang sudah mendapat pelatihan cukup terkait bidang profesi yang ia tekuni. Bila seseorang sudah mengikuti uji kompetensi, maka ia akan mendapatkan sertifikat profesi dari LSP UI yang terlisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Menurut Direktur PT Daya Makara UI Fakhrudin, M.Si, Psikolog, modul-modul pembelajaran MUI Academy disusun dengan menargetkan segenap lapisan masyarakat, meliputi segmen anak-anak, remaja, pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, pencari kerja, sampai kepada para Pegawai Negeri Sipil. “Dalam beberapa tahun ke depan sudah direncanakan 48 modul pelatihan bersertifikasi nasional antara lain: Public Relations Officer, Office Executive Administration Assistant, Pemandu Wisata, Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing, Welding Training, dan banyak pelatihan lain sesuai kompetensi yang dimiliki UI,” ujarnya.

Institusi yang bekerja sama juga dapat menyusun modul-modul pelatihan mereka sendiri, yang nantinya akan dieksekusi oleh tim internal MUI Academy. Setelah acara peluncuran dilanjutkan dengan sesi talkshow dipandu oleh Reska Herlambang, Presenter Televisi Nasional Republik Indonesia.

Dalam sesi talkshow dihadirkan empat narasumber, yaitu Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D (Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek), Kunjung Masehat, S.H., M.M (Kepala BNSP), Prof. Dr. Nurliah Nurdin, MA (Direktur Politeknik STIA Lembaga Administrasi Negara Jakarta), dan Prof. Dr. Ir. Sigit Pranowo Hadiwardoyo, DEA (Direktur Pendidikan Vokasi UI). Dalam kesempatan tersebut diberikan kesempatan untuk bertanya kepada para narasumber.

Saat ini, MUI Academy sedang membuka pendaftaran program bundling bagi program pelatihan Public Relations Officer dan Office Executive Administration Assistant. Pendaftaran untuk kedua program telah dibuka dari tanggal 18 – 31 Agustus 2021. Setelah pendaftaran, kegiatan pembelajaran akan dilaksanakan pada periode 1 September-31 Oktober 2021.

Bagi mereka yang ingin mendaftar untuk mengikuti program sertifikasi nasional dari LSP UI terlisensi BNSP, pendaftaran akan dibuka 1-5 November 2021. Setelahnya Uji Kompetensi akan dilaksanakan pada periode 8-12 November 2021. Semua informasi pendaftaran tersebut dapat diakses pada laman https://lms.makarauiacademy.com/ atau melalui akun Instagram, Twitter, Youtube, dan Facebook Makara UI Academy.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru