oleh

Simak Amalan-Amalan setelah Bulan Ramadan!

siarandepok.com – Ramadan telah berlalu, saatnya kita kembali ke aktifitas normal setelah berpuasa selama 30 hari. Banyak hal yang telah kita lakukan dan ajarkan dalam waktu satu bulan penuh dengan keberkahan itu, salah satunya adalah ibadah sunah.

Selama 30 hari di bulan Ramadan, banyak orang berlomba-lomba untuk beribadah dengan semaksimal mungkin. Pada bulan tersebut, umat Islam diajarkan untuk menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Terlepas dari semua itu, konsisten dalam beribadah setelah bulan Ramadan adalah hal terpenting yang harus diperhatikan. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari, menjalankan amalan secara terus menerus (konsisten) adalah sesuatu yang dicintai Allah Swt.

Rasulullah saw bersabda yang artinya, “Berbuat sesuatu yang tepat dan benarlah kalian dan amal yang paling dicintai Allah adalah amalan yang terus menerus meskipun sedikit,” (HR Bukhari).

Berikut merupakan amalan yang dapat dilakukan setelah bulan Ramadan.

  1. Salat Malam (Tahajud)

Salat Tahajud juga dianjurkan oleh Rasulullah saw. Dalam hadits riwayat At-Tirmidzi dan Ahmad, Rasulullah saw bersabda: “Kerjakanlah salat malam, karena salat malam itu kebiasaan orang-orang yang saleh sebelum kamu dahulu, juga suatu jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt juga sebagai penebus pada segala kejahatan (dosa), mencegah dosa, serta dapat menghindari penyakit dari badan,” (HR Imam Tirmidzi dan Ahmad).

  1. Salat Dhuha

Salat Dhuha merupakan ibadah sunah yang memiliki banyak keutamaan. Diriwayatkan dalam hadis At-Tirmidzi, salat Dhuha akan membuka pintu rezeki.

  1. Puasa Sunah

Puasa adalah ibadah yang mengajarkan banyak hal tentang kehidupan. Seperti, menahan hawa nafsu, lapar, amarah, hingga kebutuhan biologis. Ada banyak puasa sunah yang bisa dijalankan setelah bulan Ramadan, yaitu puasa 6 hari di bulan Syawal, puasa ayyamul bidh, puasa Senin Kamis, puasa Arofah, puasa Asyura, dan puasa Daud.

  1. Zikir, Selawat Nabi, dan Sedekah

Rabi’ Abdur Rauf Az-Zawawi dalam Al-Baqiyatus Shalihat mengatakan, zikir merupakan amalan abadi. Mereka yang berzikir dibanggakan Allah Swt di hadapan malaikat. Orang-orang bertakwa paling mulia di sisi Allah Swt adalah yang lisannya basah karena zikir. Tidak hanya itu, zikir juga mendatangkan selawat dari Allah Swt dan malaikat.

Selawat merupakan salah satu amalan yang memiliki keutamaan luar biasa. Disebutkan dalam sebuah hadits, Rasulullah saw akan memberikan syafaat paling banyak kepada orang yang berselawat padanya.

Amalan lain yang bisa dilakukan setelah bulan Ramadan adalah sedekah. Amalan ini memiliki banyak keutamaan seperti dijelaskan hadist dari Abu Hurairah RA.

  1. Tadarus Al-Qur’an

Al-Qur’an merupakan kitab suci pembawa kebenaran bagi seluruh umat. Banyak hadis riwayat yang menganjurkan membaca Al-Qur’an baik di waktu lapang maupun sempit.

Dengan mengerjakan amalan-amalan di atas secara konsisten setelah bulan puasa, tiap umat muslim dapat selalu merasa dekat dan mendekatkan diri kepada Allah Swt.

 

Penulis: Demi Maula Caessara

Editor: Sherina Febia

Foto: Polkrim News

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru