oleh

Depok Kembali Menggelar Tradisi Andil Potong Kerbau Untuk Menyambut Idulfitri

siarandepok.com– Kumpulan Orang Orang Depok (KOOD) dan Wali Kota Depok Mohammad Idris menggelar tradisi atau kebiasaan leluhur Betawi Depok, yaitu memotong hewan kerbau dari hasil patungan.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyambut Hari Raya Idulfitri 1442 H, di Rumah Budaya KOOD Rawadenok, Rangkapan Jaya Baru, Senin (10/05/2021).

Ketua Panitia Andilan KOOD Tahun 2021, Sudadih mengatakan, tradisi Andilan sudah dilakukan sebanyak tiga kali, yakni tahun 2019, 2020 dan 2021. Andilan merupakan kebiasan turun temurun yang akan terus dilestarikan di Kota Depok.

“Alhamdulillah, tahun ini kami menyembelih empat ekor kerbau. Setiap kerbau berbobot 400 kilogram. Penyembelihan juga dilakukan oleh Bapak Wali Kota Depok, Mohammad Idris,” Ujar ketua panitia andilan KOOD.

Dikatakannya, proses penyembelihan kerbau ini tidak menghadirkan banyak orang, dikarenakan untuk mengikuti protokol kesehatan demi pencegahan penyebaran Covid-19 yang ditetapkan pemerintah, di antaranya menghindari kerumunan, menjaga jarak dan wajib memakai masker.

Di tempat yang sama, Ketua Umum KOOD Ahmad Dahlan menyampaikan, harapannya agar kegiatan Andilan ini dapat digelar setiap tahunnya. Jika memungkinkan KOOD tingkat kecamatan juga melakukan hal serupa di setiap bulan Ramadan.

“Andilan atau ikut patungan beli kerbau ini adalah kegiatan yang memiliki nilai histori dan nilai edukasi yang sangat bagus untuk diketahui oleh generasi penerus di Depok. Ini adalah tugasnya KOOD selaku organisasi yang konsen ngurusin seni dan budaya,” terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Depok, Mohammad Idris memberikan dukungan penuh kepada KOOD dalam upayanya melestarikan tradisi, bahasa, adat dan budaya. Menurutnya, Andilan tersebut merupakan upaya dalam  merawat dan melestarikan tradisi masyarakat Depok.

“Substansi dari tradisi Andilan yakni kebersamaan dan berbagi. Tentu tradisi seperti ini harus terus dilestarikan,” tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru