oleh

Munculnya Varian Baru Covid-19 di Indonesia

Siarandepok.com – Eksodus warga negara asing (WNA) dari India, Rabu malam, 21 April lalu kini memunculkan varian baru Covid-19 di Indonesia, yaitu B1617 yang telah ditemukan di Jakarta.

“Dua spesimen yang positif terinfeksi varian Covid-19 berasal dari warga negara asing (WNA) India dan warga negara Indonesia (WNI). WN India tersebut merupakan pelaku perjalanan internasional,” ungkap Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, Selasa (4/5/2021).

Selain B1617, varian baru  Covid-19 lainnya yang juga telah ditemukan di Tanah Air adalah B117 dan B1351 asal Afrika Selatan.

Belakangan munculnya varian baru dari Afrika Selatan tersebut disebut Menkes Budi Gunadi Sadikin ditemukan di Bali dan varian ini telah menginfeksi satu orang di Bali.

“Satu insiden untuk mutasi dari Afrika Selatan yang masuk, itu yang ada di Bali,” jelas Budi Gunadi dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Senin, 3 Mei 2021.

Sedangkan kasus varian baru  Covid-19 B117 di Tanah Air kini dilaporkan kembali bertambah. Mereka dilaporkan berasal dari pekerja migran Indonesia (PMI) Arab Saudi dan dua WNI.

“Ini tentunya yang 10 tambah 3 sehingga total 13 kasus varian atau mutasi B117 di Indonesia saat ini,” kata Nadia melalui YouTube Kementerian Kesehatan RI, Selasa (4/5/2021).

 

RSD

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru