oleh

Jalur Masuk RI Diperketat Sebab Puluhan Ribu TKI Kembali

Siarandepok.com – Kembalinya puluhan ribu Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari luar negeri ke Indonesia akan diperketat jalur masuk untuk proses screening. Dikutip melalui detik.com, Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin menjelaskan akan ada banyaknya TKI dari luar negeri yang kembali ke Indonesia dengan jumlah puluhan ribu TKI.

Protokol kesehatan akan dilakukan bagi tenaga migran Indonesia disebabkan sudah ada yang masuk di atas 100 ribu. Jalur masuk yang diinformasikan oleh Budi untuk diperketat proses screening dan karantina diantaranya Kepulauan Riau, Batam, wilayah Kalimantan seperti Nunukan, Entikong, dan Malinau.

“Sehingga orangnya masuk akan kita tes dan dipastikan semua hasil tesnya, kita kirim untuk squencing untuk tadi melindungi rakyat Indonesia dari potensi kesalahan yang pertama karena ada mutasi virus yang baru. Semua titik masuk kita.. agar mutasi baru ini tidak terus-terusan masuk ke Indonesia,” jelas Budi.

Penangguhan sementara pemberian visa kunjungan dan tinggal sudah sibatasi oleh pemerintah. Selain itu WNA yang sehabis dari negara India selama 14 hari dilarang memasuki Indonesia. Tetapi bagi warga India masih diperbolehkan masuk Indonesia dengan syarat wajib melakukan karantina selama 14 hari.

Bandara Soetta, Kualanamu, Juanda dan Samratu Langi serta pelabuhan laut Batan, Dumai dan Tanjung Pinang akan diatur titik kedatangannya. Kemudian akan dipastikan yang pernah berkunjung ke India, dilihat apakah terjadi mutasi baru atau tidak.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru