oleh

Program 100 Lubang Biopori untuk Kelurahan Pontir

SiaranDepok.com – Kelurahan Pondok Petir (Pontir) Kecamatan Bojongsari Kota Depok, siap untuk merealisasikan berbagai program yang dicanangkan Bapak Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok.

Program 100 lubang biopori menurut Lurah Pondok Petir (Pontir), Rizal Farhan cukup efektif untuk menyerap air langsung ke dalam tanah, sehingga genangan air cepat berkurang saat turun hujan maupun saat banjir.

“Fungsinya kan menyerap air langsung ke dalam tanah. Jadi saat hujan airnya akan langsung masuk ke tanah lewat lubang biopori,” tutur Rizal, Kamis (25/03/2021).

Lurah Pondok Petir (Pontir), Rizal Farhan menjelaskan bahwa pihaknya berencana membuat lubang biopori di berbagai lokasi seperti pekarangan rumah warga, jalan lingkungan, sekolah, hingga pondok pesantren.

“Kira-kira kami akan membuat minimal 100 lubang biopori di Pontir. Pembuatannya dimulai pekan depan,” katanya.

Rizal mengatakan, pembuatan lubang biopori memiliki beberapa manfaat untuk lingkungan seperti mengurangi genangan air saat hujan, mencegah banjir, serta menjaga ketersediaan air tanah.

“Agar program ini berjalan dengan baik dibutuhkan dukungan semua pihak. Mulai dari RT, RW, Karang Taruna, PKK serta elemen masyarakat yang lainnya,” pungkasnya. (adi).

Penulis: My

Editor: My

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru