oleh

Lapar Terus Menerus Saat Melaksanakan Diet? Ini Cara Mengendalikannya

Siarandepok.com – Ketika melaksanakan diet memang membutuhkan effort dan konsistensi yang baik. Tapi kadang kala saat diet, rasa lapar yang berlebih sering kali terasa. Hal tersebut menjadi salah satu tantangan bagi orang yang sedang diet.

Jika kalian susah menahan lapar yang berlebih, nantinya akan susah juga untuk menurunkan berat badan yang sudah kalian targetkan. Lapar dikategorikan menjadi dua macam yakni, lapar secara fisik dan psikologi.

Lapar secara fisik dipengaruhi oleh hormon lapar yang mengirimkan sinyal ke otak. Sedangkan lapar secara psikologis ini yang benar-benar harus dikendalikan. Hal ini bisa membuat kalian makan berlebih padahal kalian sesungguhnya tidak merasakan lapar.

Beberapa rekomendasi yang disarankan oleh para ahli untuk mengendalikan rasa lapar. Ada 7 cara mengendalikan rasa lapar berlebih yaitu:

  1. Mulai dengan Sarapan Sehat.

Sarapan merupakan hal yang penting pada saat melaksana diet untuk memberikan asupan nutrisi pada tubuh. Asupan nutrisi ini menjadikan bahan bakar tubuh untuk memicu energi di pagi hari. Sarapan sehat yang dapat mengendalikan rasa lapar yakni penuh dengan karbohidrat kompleks dan protein.

  1. Konsumsi Cukup Serat.

Serat dapat memberikan rasa kenyang lebih cepat sehingga bisa membantu agar tidak berlebihan pada saat makan. Serat juga memberikan manfaat bagi kesehatan usus dan dapat membantu memperlambat pelepasan energi.

  1. Setiap Makanan Tambahkan Protein.

Makanan yang mengandung protein juga bisa membantu kenyang lebih lama karena protein membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencerna makanan.

  1. Minum Segelas Air.

Pada saat kalian sudah cukup untuk makan dan masih terasa lapar. Bisa digantikan dengan cara meminum air, karena hal itu bisa juga disebabkan oleh nafsu saja. Jika pada waktu jeda sarapan dan makan siang kalian mengalami rasa lapar, kalian bisa mengganjalnya dengan cara meminum air mineral bukan kesempatan kalian untuk memakan camilan yang tidak sehat. Saat melaksanakan diet, baiknya kalian lebih banyak mengkonsumsi air mineral agar tidak mengalami dehidrasi.

  1. Makan di Waktu yang Sama Setiap Hari

Hal ini adalah salah satu cara untuk mengatur jadwal makan kalian. Waktu makan berikutnya sangat penting agar tidak membiarkan tubuh kalian berada dalam waktu yang tidak teratur dan menjadi menimbulkan berat badan berlebih.

 

(SZ)

(DMC)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru