oleh

Jokowi Perintahkan Menkes Segera Distribusikan Vaksin AstraZeneca

Siarandepok.com – Presiden Joko Widodo mengaku telah memerintahkan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin untuk mendistribusikan vaksin Covid-19 asal AstraZeneca ke seluruh provinsi di Tanah Air.

Hal ini Jokowi sampaikan saat meninjau vaksinasi massal di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (22/3/2021).

“Tadi saya sudah memerintahkan kepada Menteri Kesehatan untuk segera mendistribusikan vaksin AstraZeneca ke Jawa Timur dan ke Provinsi yang lain,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, dirinya telah bertemu dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur dan para kyai untuk membahas penggunaan vaksin AstraZeneca.

Berdasar hasil pertemuan tersebut dinyatakan bahwa vaksin asal Inggris itu siap digunakan dalam vaksinasi di Jawa Timur.

“Segera akan digunakan di pondok pesantren yang ada di Jawa Timur. Saya kira ini juga patut kita apresiasi,” kata Jokowi.

Adapun dalam kunjungannya ke Sidoarjo, Jokowi menyebut bahwa proses vaksinasi Covid-19 berjalan lancar. Ia mengatakan bahwa masyrakat antusias dalam mengikuti program ini.

Komisi fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebelumnya menyatakan AstraZeneca haram digunakan lantaran mengandung unsur babi dalam pembuatannya. Meski begitu, vaksin ini tetap digunakan mengingat kondisi sekarang darurat.

“Intinya vaksin AstraZeneca mengandung unsur vaksin dari babi, sehingga hukumnya haram. Namun demikian boleh digunakan karena dalam kondisi darurat untuk mencegah bahaya pandemi Covid-19,” jelas Ketua Komisi Fatwa MUI, Hasanuddin Abdul Fatah.

Hasanuddin juga menegaskan, meski pihaknya telah memberi izin, namun izin tersebut akan dicabut saat vaksin merk lain yang hasil kajiannya halal dan suci tiba di Indonesia.

BPOM juga telah melakukan proses evaluasi untuk keamanan khasiat dan mutu dari vaksin asal Inggris tersebut.

Penulis RR

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru