oleh

Ketiga Kalinya PPKM Diperpanjang, Simak Syarat dan Ketentuan Pelaku Perjalanan ke Jawa Barat!

siarandepok.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menanggapi perpanjangan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan menerbitkan surat edaran bernomor 49/KS.01/HUKHAM yang berisi panduan pelaksanaan PPKM di 27 kabupaten/kota. Hal itu terkait perpanjangan PPKM untuk ketiga kalinya di Jawa Barat.

Syarat dan ketentuan pelaku perjalanan yang akan memasaki wilayah Jawa Barat diatur dalam surat tersebut, yakni syarat pertama adalah pelaku pelaku perjalanan harus bertanggung jawab atas kesehatan masing-masing, serta tunduk dan patuh terhadap syarat dan ketentuan yang berlaku di Jabar. Termasuk salah satunya mengenai dokumen bebas COVID-19, dikutip dari surat edaran tersebut.

Masyarakat yang ingin melakukan perjalanan dengan transportasi udara, wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil waktu paling lama 3×24 jam atau hasil rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu paling lama 2×24 jam sebelum keberangkatan.

Sementara itu, untuk perjalanan dengan transportasi laut dan darat, wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR atau hasil rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu paling lama 3 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Peraturan untuk anak-anak di bawah usia 5 tahun tidak diwajibkan untuk tes RT-PCR/rapid test antigen/GeNose test. Pelaku perjalanan selama berada di Jawa Barat diwajibkan memiliki surat keterangan hasil negatif RT-PCR/rapid test antigen/GeNose test yang masih berlaku. Sedangkan, bagi pelaku perjalanan yang berangkat dari Jabar, bisa menggunakan surat keterangan yang sama untuk kembali ke Jabar selama masih berlaku.

 

(SF)

Foto: JESHOOTS.com/Pexels

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru