oleh

Disdik Depok Tidak Memperbolehkan Menahan Ijazah Siswa

siarandepok.com – Kasus ijazah siswa ditahan sekolah di Depok, Jawa Barat, masih terjadi. Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok meminta satuan pendidikan atau sekolah untuk tidak melakukan penahanan terhadap ijazah siswa. Hal ini menyusul masih adanya laporan dari masyarakat tentang penahanan ijazah oleh pihak sekolah tertentu.

 

Menurut Thamrin, apabila ada pihak sekolah yang menahan ijazah hanya karena belum melunasi biaya SPP, itu dapat diselesaikan secara kekeluargaan. Orang tua siswa bisa membuat surat pernyataan bermaterai yang diserahkan kepada pihak sekolah.

 

“Cukup orang tua siswanya membuat pernyataan bermaterai. Jangan hak anaknya ditahan, harapan kita seperti itu,” jelasnya.

 

Namun, terdapat tambahan pada surat edaran yang dibuat oleh Kepala Dinas Kota Depok. Surat edaran ini mengacu pada himbauan Dinas Pendidikan Jawa Barat Nomor 421/15270/Pemb.SMP/2020 terkait dengan ijazah siswa.

 

Dalam SE tertanggal 21 Februari 2021 yang ditandatangani Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Mohammad Thamrin menyebutkan:

  1. Ijazah adalah hak konstitusionil siswa yang sudah menyelesaikan proses pendidikan.
  2. Sekolah dilarang menahan ijazah peserta didik yang telah lulus.
  3. Sekolah membuat data inventaris ijazah dalam bentuk excel yang dilengkapi dengan keterangan (alasan tidak diambil), lengkap dengan alamat siswa yang dibuat setiap tahun pelajaran.
  4. Bila ada ijazah yang tertahan, segera koordinasi dengan pihak orang tua siswa.
  5. Apabila tidak ada tindak lanjut dari orang tua siswa, sekolah wajib mengirimkan ijazah ke alamat siswa yang bersangkutan atau melalui kurir.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru