oleh

Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Makanan dan Minuman Ini!

Siarandepok.com – Hidung tersumbat bisa muncul ketika seseorang terserang flu. Lendir dapat tertahan juga menyumbat hidung dan dapat mengganggu pernapasan. Hidung tersumbat juga dapat menimbulkan sakit kepala juga dapat mengganggu aktivitas. Agar napas kembali lega, dapat mengonsumsi beberapa makanan dan minuman tertentu yang bisa membantu mengatasi hidung tersumbat. Selain itu, dapat meningkatkan sistem imun karena terbuat dari bahan yang sehat.

 

  1. Makanan Pedas

Kandungan capcaisin yang ada dalam cabai bisa menyalurkan panas ke dalam hidung sehingga dapat mengurangi rasa sakit, inflamasi, dan melepaskan lendir yang tersumbat karena flu.

 

  1. Bawang Putih

Bawang putih mengandung antibakteri dan antijamur yang bisa meringankan hidung tersumbat. Bawang putih juga mengandung bahan aktif bernama allyl thiosulfonate yang dapat membuat hidung menjadi lega. Mengonsumsinya dapat dengan mencampurkan bawang putih ke dalam sup atau masakan.

 

  1. Sup Ayam

Sup ayam dengan kuah hangat dapat membantu membersihkan lendir pada hidung. Kandungan kaldu pada sup ayam juga dapat mecegah flu.

 

  1. Nanas

Buah yang manis dan asam ini mempunyai kandungan vitamin c dan bromelain. Dikenal dapat membantu mencegah lendir berlebihan pada hidung dan mengurangi produksi lendir yang sering disebabkan oleh alergi.

 

  1. Jahe

Salah satu rempah yang sering digunakan sebagai pengobatan alami. Mempunyai senyawa antiinflamasi dan antibakterinya dapat meredakan gejala flu. Uap hangat dari rebusan jahe juga dapat merelaksasikan saraf-saraf hidung.

 

Penulis: IMA

Editor: SFP

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru