oleh

Aneka Satai Nusantara

siarandepok.com – Makanan yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia. Rasanya yang enak dan berciri khas membuat siapa pun ingin mencicipinya. Satai adalah olahan daging ayam atau kambing yang diiris dadu dan diberi bumbu. Makanan Indonesia ini mudah sekali dijumpai di setiap daerah. Bahkan, di beberapa daerah memiliki makanan tradisional satai yang berbeda pada umumnya.

Umumnya, orang Indonesia hanya mengetahui satai yang banyak dijual di mana-mana, yaitu satai dengan daging kambing atau ayam dengan saus kacang atau kecap. Sebenarnya, ada banyak ragam menu satai yang ada di Nusantara. Berikut ini, beberapa menu satai Nusantara yang telah kami rangkum.

  1. Satai Maranggi

Kuliner satai satu ini berasal dari daerah Purwakarta. Bahan utama satai maranggi adalah daging kambing yang dibaluri berbagai rempah-rempah dengan tambahan potongan cabai dan tomat.

Berbeda dari satai pada umumnya, satai maranggi melewati proses perendaman dengan aneka bumbu. Irisan daging juga direndam dengan potongan cabai hijau yang sudah dicampur dengan cuka tebu. Proses perendaman itu lah yang membuat satai ini kaya akan rempah-rempah. Rasanya pun lebih nikmat karena bumbu menyerap dengan merata.

  1. Satai Ponorogo

Dilihat dari namanya, sudah bisa dipastikan jika satai yang satu ini berasal dari Kota Ponorogo, Jawa Timur. Berbeda dengan satai maranggi yang menggunakan daging kambing. Satai ponorogo dibuat dengan daging ayam yang direndam dengan bumbu kecap. Ukuran daging ayam pada satai ini dibuat memanjang pada tusukannya.

  1. Satai Buntel

Hidangan satai buntel cukup terkenal di daerah Solo dan Surakarta, Jawa Tengah. Daging yang digunakan pada satai ini biasanya adalah daging sapi atau domba. Proses pembuatan satai buntel sangat unik karena menggunakan kantung lemak sapi yang sebelumnya sudah dibaluri bumbu pada satai. Nama buntel sendiri diberikan karena pembuatan satai ini dengan cara dibuntel sebelum dibakar.

  1. Satai Bandeng

Jika biasanya satai dibuat dengan daging ayam, kambing, domba, atau sapi. Satai bandeng dibuat dengan daging ikan bandeng yang sudah dipisahkan dari tulangnya. Proses pembuatannya juga berbeda pada satai umumnya yang dipotong dadu. Satai bandeng dibuat dengan dicincang halus dan dicampur berbagai rempah-rempah. Selanjutnya, daging ikan yang sudah diberi bumbu dimasukkan kembali ke dalam kulit ikan yang sebelumnya sudah dipisahkan dari daging. Lalu, ditusuk dengan bambu berukuran besar dan dipanggang hingga matang.

  1. Satai Klathak

Berasal dari Kota Yogyakarta dan menjadi makanan khas dari kota tersebut. Terbuat dari daging kambing dengan rasa yang lezat, gurih, dan manis. Sate klathak ini menjadi menu wajib bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Yogyakarta.

Keragaman daerah yang ada di Nusantara menjadikannya kaya akan budaya. Seni, musik, tarian, bahasa, dan berbagai kuliner yang begitu beragam. Dari kuliner yang ada di Nusantara, tidak hanya satai saja. Masih banyak ragam kuliner di setiap daerahnya. Jangan lupa untuk mencicipinya jika kalian sedang berkunjung. Cinta produk Indonesia!

(SFP)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru