oleh

5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Tak Disimpan di Kulkas

Siarandepok.com – Faktanya, ada beberapa jenis makanan yang justru akan lebih cepat rusak, kehilangan rasa, teksturnya dan berubah menjadi hitam jika disimpan di dalam kulkas. Berikut lima jenis makanan yang sebaiknya tidak di simpan di dalam kulkas:

  1. Tomat

Memasukkan tomat ke dalam kulkas akan memperlambat matang dan menghilangkan rasanya. Menempatkan tomat di kulkas mengubah struktur kimianya, mengurangi jumlah senyawa volatil dalam buah dan dapat memengaruhi rasanya.

Tekstur dan warna tomat juga dapat dipengaruhi oleh suhu dingin dan “luka dingin” yang disebabkan oleh suhu di bawah lima derajat celsius dapat membuat buah cepat lunak dan berlubang di permukaannya.

  1. Kentang

Kentang adalah sayuran potensial karena kandungan pati yang tinggi dan air yang rendah. Kentang perlu disimpan di tempat yang sejuk dan kering, baik di dalam kertas atau kantong berlubang agar tetap kering, tetapi tidak di lemari es.

Menyimpannya di lemari es dapat mengubah pati kentang menjadi gula, yang akan memengaruhi teksturnya dan menyebabkannya berubah warna serta terasa manis setelah dimasak.

  1. Bawang

Bahwa bawang merah atau bombay harus dimasukkan ke dalam kulkas adalah jika bawang tersebut telah dikupas atau dipotong sebelumnya. Bawang merah atau bombay seharusnya disimpan dalam pengaturan kelembaban rendah agar tetap kering. Bawang yang telah dipotong dapat disimpan dalam wadah yang tertutup hingga tujuh hari.

Sementara Menempatkan bawang putih di lemari es atau kantong plastik bisa membuatnya berjamur. Cara terbaik untuk menyimpan bawang putih adalah menyimpannya pada suhu ruangan  di tempat yang kering dan gelap yang memiliki sirkulasi udara yang cukup, dengan sedikitnya cahaya untuk menghindari umbi bertunas.

  1. Roti

Kulkas sangat buruk untuk roti. Meskipun membekukan roti bisa sangat memperlambat proses yang membuat roti basi, tapi memasukkan roti ke dalam kulkas akan mempercepat prosesnya.

Pada dasarnya, suhu dingin menyebabkan pati mengkristal jauh lebih cepat dari pada suhu ruangan, mempercepat proses yang membuat roti keras dan basi.

  1. Pisang

Menempatkan pisang matang ke kulkas akan membantunya tetap matang selama beberapa hari.

Tetapi, jika memasukkannya saat masih hijau dan keras, maka pisang tidak akan matang, bahkan setelah mengeluarkannya dari kulkas. Buruknya lagi, kulit pisang akan menjadi hitam. Pisang adalah buah tropis dan tidak memiliki pertahanan alami terhadap dingin di dinding selnya.

 

(MW)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru