oleh

UN Di Undur, Ini Respon Kepala Sekolah di Depok

Pemerintah mengambil kebijakan untuk menunda pelaksanaan Ujian Nasional tingkat sekolah menengah kejuruan yang rencananya akan dilaksanakan tanggal 16 Maret 2020 besok. Hal ini dikarenakan meluasnya virus Corona atau Covid-19 di Indonesia.

Isdianti selaku Wakil Kepala SMK Arjuna Depok, mengatakan, sebagai satuan pendidikan pihaknya akan mengikuti anjuran pemerintah terkait penundaan pelaksanaan Ujian Nasional tersebut.

“Kita sesuaikan dengan edaran,” kata Isdianti, Minggu, 15 Maret 2020.

Pihaknya memaklumi dengan kejadian yang dianggap sebagai force majeure tersebut dan tetap menjalankan fungsinya sebagai satuan pendidikan, “Kita berdoa saja semoga virus ini akan ada solusinya,” ujarnya.

 

 

Isdianti mengaku tidak ada langkah-langkah khusus yang dilakukan terkait pengunduran jadwal ujian bertaraf nasional tersebut, namun pengertian terus diberikan oleh pihaknya kepada para siswa dan orang tua murid terkait pengunduran tersebut.

“Dan memberikan motivasi kepada mereka untuk fokus belajar karena dengan diundurnya pelaksanaan UN peluang waktu belajarnya lebih banyak lagi,” ucap Isdianti.

Isdianti juga mengatakan, pihak sekolah telah mengingatkan kepada para siswa dan orang tua murid agar tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan membatasi keluar rumah jika tidak ada hal yang sangat penting.

“Untuk memastikan para siswa belajar, kami sudah berkoordinasi dengan guru bidang studi khususnya pelajaran yang akan di UN kan untuk memberikan soal-soal untuk di tugaskan kepada siswa/i dan mempersilakan kepada siswa/i menghubungi guru bidang studi tersebut,” tutur Isdianti.

 

 

Diketahui pengunduran UN tersebut diberitahukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dengan surat edaran bernomor 443/3302-Set.Disdik tertanggal 15 Maret 2020.

Dalam poin kelima surat edaran tersebut disebutkan sehubungan terdapatnya keadaan darurat, yaitu telah ditetapkannya Covid-19 sebagai pandemi di Provinsi Jawa Barat, maka penyelenggaraan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah ditunda sementara waktu sampai dengan waktu yang ditentukan.

Terpisah, Kepala SMAN 1 Kota Depok, Supyana mengatakan belum bisa berbicara lebih terkait penundaan pelaksanaan UN tersebut. Pasalnya, pelaksanaan UN yang dilakukan pengunduran dari rentang waktu 16-29 Maret 2020.

“Sedangkan sesuai jadwal, pelaksanaan UN tingkat SMA tanggal 31 ya, jadi saya belum bisa mengatakan apa-apa,” kata Supyana.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru