oleh

Dibutuhkan kepemimpinan DPD yang sinergis dan berintegritas

Siarandepok.com-DPD RI kedepan menghadapi tantangan kelembagaan dan kepemimpinan yang mampu merespon dinamika dan aspirasi masyarakat yang menghendaki lembaga negara yang bersih dan berintegritas. DPD RI merupakan bagian dari parlemen yang mempresentasikan rakyat dan daerah, harus sejalan dan tidak boleh terlepas dari semangat yang diwakilinya.

Dengan itu diskusi “Dialog nusantara dengan tema membangun parlemen yang bersih dan terhormat” di Cofee loby gedung DPD RI, kamis (5/9).

DPD RI dituntut memberikan kontribusi peran yang sinergis dengan lembaga negara lain baik itu Presiden, DPR, dan juga MPR. Problem kebangsaan saat ini salah satunya adalah bagaimana memantapkan sistem ketatanegaraan yang berfungsi optimal dalam pencapaian tujuan bernegara yaitu memajukan dan mensejahterakan masyarakat.

Menurut Abdul Kholik, untuk merespon semua tantangan DPD RI harus menjawab dengan kinerja kelembagaan yang didalamnya ditentukan oleh komitmen seluruh komponen yang ada. Salah satu faktor yang juga menentukan adalah kepemimpinan DPD ke depan yang mampu menjawab tantangan dan problem kelembagaan. ” pimpinan DPD ke depan harus mampu menyatukan semua komponen dan menghilangkan sekat-sekat yang menghambat kinerja DPD” ujar kholik.

Selain itu untuk membangun kepercayaan dan dukungan publik, kepemimpinan DPD ke depan juga harus diiso oleh figur-figur yang memiliki kapabilitas dan integritas. Sebagai lembaga yang lahir dari reformasi, DPD harus terus berada dalam semangat mengimplementasikan pejuang reformasi, terutama berkaitan membangun sistem pemerintahan yang bersih.

“Semangat membangun kelembagaan yang bersih ini sangat menentukan bagi kelangsungan dan masa depan bangsa ke depan” tandasnya.

Foto : Hisan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru