Raih Juara Satu Terbersih Se-Kota Depok, Ini yang Dilakukan RW 01 Kampung Rawageni

- Reporter

Rabu, 21 Agustus 2019 - 00:43

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jaelani, Ketua RW 01 Rawageni Kelurahan Ratu Jaya Kecamatan Cipayung, Depok.

Jaelani, Ketua RW 01 Rawageni Kelurahan Ratu Jaya Kecamatan Cipayung, Depok.

SiaranDepok.com – RW 01 Kampung Rawageni Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung meraih juara satu RW Terbersih Se-Kota Depok. Penghargaan yang membanggakan ini diberikan langsung oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 74 di Balai kota. Lomba kebersihan  antar-RW Tingkat Kota diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan.

Menurut pengakuan Jaelani selaku Ketua RW 01 Kampung Rawageni, awalnya tidak ada niat mengikuti lomba kebersihan lingkungan tersebut apalagi mengincar juara. “Kami awalnya tidak ada tujuan ikut lomba apalagi juara, bagi kami yang terpenting lingkungan bersih dan pengelolaan sampah secara maksimal. Memang sekarang masih belum maksimal tapi kami terus berupaya,” ungkapnya.

Menurutnya, yang terbesit pada awalnya, ia ingin merubah citra kampungnya. “Saya ingin memajukan wilayah saya.  Salah satu upaya yang saya lakukan dengan membangun Komunitas Lahan Hijau yang bergerak di bidang lingkungan. Semua berawal karena saya mencintai tumbuhan dan lingkungan.” ujarnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dengan niat positif tersebut, ia pun rutin memberikan edukasi seputar kebersihan lingkungan kepada warganya. Kegiatan kerja bakti juga rutin dilaksanakan warga seminggu sekali.

” Volume sampah di lingkungan begitu banyak, sudah memprihatinkan. Dari situ kami mulai membenahi lingkungan”, ungkapnya.

sumber foto: depok.go.id

Beberapa aksi nyata pun sudah dilakukan. Diantaranya membangun taman, ruang terbuka hijau dan menanaminya dengan tumbuhan langka seperti pohon Jamblang, Lobi-lobi, Kokosan dan berbagai macam tumbuhan lainnya. Tumbuhan tersebut dirawat oleh warga sekitar secara sukarela.

“Dari sana kami diperhatikan Kelurahan dan akhirnya ditunjuk untuk mewakilkan Kecamatan Cipayung. Alhamdulillah kami diapresiasi pemerintah.” kata Jaelani.

Tak hanya peduli terhadap sampah dan tumbuhan, RW 01 Kampung Rawageni juga membuat biopori atau sumur resapan di sekitar lingkungan. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi minimnya resapan air akibat lahan yang mulai berkurang.

“Kami memikirkan jangka panjang, debit air sudah mulai berkurang. Semua akibat lahan yang berkurang karena banyaknya pembangunan,” ujar Jaelani.

Kerja bakti kini memang sudah menjadi salah satu agenda rutin warga RW 01. Kegiatan tersebut terbukti berdampak besar bagi lingkungan. Selain itu, RW 01 juga melakukan pembesaran sungai dan pelebaran jalan.

”Pemerintah mengapresiasi kami atas kegiatan swadaya, ternyata dengan  swadaya terbukti RW kami pun mampu,” ungkap Jaelani.

Tak hanya menyandang predikat RW Terbersih, Posyandu RW 01 juga berhasil meraih juara ketiga tingkat Kecamatan. Prestasi tersebut diraih dengan menjalankan inovasi berupa akses internet gratis di sekitar Posyandu untuk warga. Dengan catatan warga harus memilah sampah dan melunasi pajak PBB.

” Kalo sudah lengkap persyaratan tersebut warga kami kasih akses internet secara cuma-cuma,” kata Jaelani.

Tambahnya, untuk program di masa mendatang, ia ingin menjalankan program bank pohon. Di mana dalam program bank pohon tersebut, warga boleh  mengambil pohon gratis untuk di tanam di pekarangan rumah masing-masing. Menurutnya, apabila rencana ini sudah berjalan dan memberikan dampak positif. Jaelani ingin program ini nantinya diadopsi oleh Pemerintah Kota Depok. “Tentu tujuan dari program tersebut agar semua pihak bisa bersinergi bersama pemerintah,” ujarnya.

Rawageni yang menurutnya dulu lekat dengan citra kotor dan kriminal kini sudah berubah menjadi kampung yang bersih dan asri. “Ternyata kalo kita tahu di dalamnya seperti apa, tidak seperti apa yang orang kira,” pungkasnya.

 

<

Berita Terkait

Dibutuhkan Bimbingan Teknis Implementasi Pemenuhan dan Pengasuhan Hak Anak
Teladan KB Harus Siap Hadapi Tantangan Dunia Digital DP3AKB Jabar Terus Tingkatkan Kapasitas Teladan KB 
Pilkada Depok Semakin Dinamis, Alumni Muda Gontor Dukung Supian Suri
Kampung Setaman Depok, Kampung Berseri Kedua Binaan Grup Astra
Jurus Jitu Ss Atasi Banjir Di Mampang
Dengan Kolaborasi dan Solusi Kreatif Supian Suri Komitmen Atasi Banjir Mampang
Mohammad Idris : Pemkot Depok akan Tanggung Seluruh Biaya Perawatan Korban Kecelakaan Bus 
Jasa Raharja berikan Santunan kepada keluarga korban kecelakaan bus SMK Lingga Kencana

Berita Terkait

Jumat, 14 Juni 2024 - 15:36

Depok Berbenah: PKBM Primago Indonesia Depok Jadi Pionir Transformasi Pendidikan Kesetaraan

Jumat, 14 Juni 2024 - 15:34

PKBM Primago Indonesia Kota Depok Siap Implementasikan Kurikulum Merdeka Setelah Mengikuti Bimtek

Jumat, 14 Juni 2024 - 15:30

Mengenal Sosok Founder Dirgantara AIA Tour Travel Depok

Jumat, 14 Juni 2024 - 15:21

Dibutuhkan Bimbingan Teknis Implementasi Pemenuhan dan Pengasuhan Hak Anak

Jumat, 14 Juni 2024 - 15:18

Teladan KB Harus Siap Hadapi Tantangan Dunia Digital DP3AKB Jabar Terus Tingkatkan Kapasitas Teladan KB 

Rabu, 12 Juni 2024 - 13:38

Ada lagi….Tokoh pemuda Gandul elemen relawan Idris Mantap Dukung SS Jadi Walikota Depok

Rabu, 12 Juni 2024 - 13:35

Duet Supian Suri dan Intan Fauzi Paket lengkap tuk Menangkan Hati Rakyat Kota Depok

Senin, 10 Juni 2024 - 19:29

Pilkada Depok Semakin Dinamis, Alumni Muda Gontor Dukung Supian Suri

Berita Terbaru