oleh

Wali Kota Depok Ajak Stakeholder Berkomitmen Tingkatkan Akses Air, Sanitasi dan Perilaku Hygine

 

 

Siarandepok.com – Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengajak stakeholder untuk berkomitmen turut berpartisipasi dalam peningkatan akses air, sanitasi dan perilaku hygine untuk masyarakat. Hal tersebut disampaikan saat menghadiri pertemuan pemangku kepentingan (stakeholders meeting) “Ngobrash Sawali” (Ngobrolin Air, Sanitasi dan Hygine Bersama Wali Kota) untuk meningkatkan akses air dan sanitasi yang aman serta perilaku hygine bagi masyarakat Kota Depok, dalam rangka menyambut Hari Jadi Ke-20 Kota Depok, di Taman Merdeka, Sukmajaya, Selasa pagi (23/04/2019).

Pertemuan kepentingan ini merupakan titik pertemuan upaya di tingkat masyarakat dan upaya di tingkat kelembagaan (Pemerintah Daerah, CSR dan pemangku kepentingan lainnya) untuk berkolaborasi untuk mengintegrasikan upaya mempercepat akses air, sanitasi dan hygine dan mengubah perilaku hidup bersih. Pertemuan Pemangku Kepentingan ini pertama kalinya terselenggara di Kota Depok dan selanjutnya akan dilakukan setiap 6 bulan sekali.

Diawal acara, Wali Kota menyaksikan penampilan lenong bertajuk overa van Depok yang menceritakan tentang kegiatan yang telah dilakukan oleh masyarakat (kader) dalam upaya meningkatan akses air, sanitasi dan perilaku hygine di wilayahnya. Wali Kota mengapresiasi apa yang telah di lakukan oleh Tim Monev yang terdiri dari Iuwash Plus, Kader Sanitasi, Puskesmas dan juga Pokja Sanitasi yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas Perumahan dan Permukiman, dan Bagian Pembangunan dan STBM.

“Ini merupakan bagian dari komitmen kita untuk menyelesaikan persoalan sanitasi. Diantaranya melalui STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) dengan lima pilarnya yakni stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, pengelolaan air minum, pengelolaan sampah rumah tangga dan pengelolaan limbah cair rumah tangga,” kata Wali Kota. Dirinya mengharapkan dukungan dari para pemangku kepentingan termasuk sektor swasta untuk menyelesaikan persoalan sanitasi.

Kegiatan “Ngobrash Sawali” diakhiri dengan penandatangan “Komitmen Deklarasi Dukungan Bersama Pencapaian Sanitasi Tuntas” oleh seluruh stakeholder yang hadir diantaranya dari USAID IUWASH PLUS, AKOPSI (Asosiasi Kab/Kota Peduli Sanitasi), Inspektur Inspektorat Kota Depok, perwakilan Dinas Kesehatan, Disrumkim, Camat se-Kota Depok, Lurah se-Kecamatan Sukmajaya, Kepala PDAM Tirta Asasta dan Kepala Cabang BJB Depok.

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru