oleh

Pemkot Depok Alokasikan Dana Rp. 1,6 M untuk Perbaiki Tanggul yang Jebol

 

 

Siarandepok.com – Curah hujan tinggi yang melanda Kota Depok selama sepekan ini membuat beberapa titik wilayahnya banjir dan longsor. Seperti jebolnya tanggul Kali Laya yang berlokasi di Kelurahan Tugu, Cimanggis merendam Perumahan Bukit Cengkeh dan Bukit Savana, Senin lalu. Pemerintah Kota Depok langsung mengambil langkah cepat dengan mengalokasikan dana Rp1,6 miliar untuk memperbaiki tanggul tersebut.

Kepala Bidang Sumber Daya Air di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Depok, Citra Indah Yulianty mengatakan, pihaknya telah menganggarkan dana Rp1,6 miliar dari dana bantuan Gubernur Provinsi Jawa Barat untuk memperbaiki tanggul Kali Laya. Perbaikan tersebut direncanakan akan dilakukan tahun ini.

“Insya Allah proyek itu akan kami lakukan di tahun ini, tapi kita tunggu proses lelang. Tanggul yang akan kami perbaiki sekaligus normalisasi sepanjang 300 meter Kali Laya, jadi cukup panjang bukan yang titik ini (jebol) saja. Kami akan pasang turap juga,” kata Citra.

Sambil menunggu proses lelang selesai, untuk sementara waktu Dinas PUPR Kota Depok memperbaiki tanggul yang jebol dengan menutup lubang sekitar 14 meter menggunakan terpal dan beronjong yang dilapisi bambu, batu dan kawat. “Langkah awal kita pake beronjong terus pake terpal untuk dalamanya kita cor menggunakan batu supaya enggak rembes ke dalam,” tuturnya.

Dia mengungkapkan, selain di titik jebol ini masih ada tiga titik tanggul sekitar Kali Laya raawan jebol. Sehingga pihaknya sudah menyiapkan 140 personel satgas banjir guna mengantisipasi bencana suatu waktu terjadi. Tidak sampai disitu Citra juga mengimbau kepada seluruh warga yang tinggal di pinggir kali agar selalu waspada karena bencana dapat terjadi kapan saja. Serta meminta kepada warga untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Untuk yang berada di bawah Kali Laya kami imbau agar tetap waspada, dan untuk warga yang berada diatas kami harap ikut menjaga minimal tidak membuang sampah sembarangan dan tidak membangun rumah yang menyebabkan aliran kali menyusut,” pungkasnya.

Sebagai informasi tanggul Kali Laya jebol pada Senin (8/4) akibat curah hujan yang tinggi dan tanggul tidak bisa menahan derasnya air kali. Sehingga dampaknya merendam puluhan rumah di Perumahan Bukit Cengkeh RT09/15 dan Bukit Savana RT13/16. Ketinggian air yang merendam dua perumahan tersebut setinggi lutut orang dewasa atau sekitar 40-50 sentimeter. Tanggul yang jebol pun sepanjang 15 meter dan lebar 7 meter.

Penulis : Ardiansyah Septian

Editor : Muthia Dewi Safira

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru