oleh

5 Tips Mencegah Kantuk Saat Berkendara

 

 

Siarandepok.com – Mengantuk saat berkendara sebetulnya menjadi masalah klasik pengguna mobil atau motor. Kantuk yang dibiarkan berisiko mengakibatkan kecelakaan pada pengemudi dan penumpang. Berikut beberapa tips mencegah rasa kantuk selama berkendara.

1. Pre Drive Nap

Bila rasa kantuk muncul jangan ragu menunda keberangkatan untuk beristirahat secukupnya. Tidur singkat sebelum berkendara (pre drive nap) sangat membantu kesiapan tubuh nyetir pada malam hari atau jarak jauh.

2. Mid Drive Nap

Saat kantuk muncul saat sedang berkendara, sangat disarankan segera berhenti untuk tidur meski hanya 20 menit. Sebelum tidur pastikan lokasi berhenti aman dan tidak langsung nyetir saat bangun. Biasanya tubuh dan pikiran perlu waktu 15 menit setelah bangun, untuk kembai siap nyetir.

3. Jangan Ngebut

Jika kantuk menyerang, jangan memaksakan diri tetap menyetir dalam kecepatan tinggi. Keselamatan tetap harus diutamakan dengan segera beristirahat untuk menekan risiko kecelakaan. Bila mememungkinkan, bisa diterapkan buddy system yang memungkinkan nyetir bergantian tiap 2 jam.

4. Jangan Menyetir Dimalam Hari

Bila memungkinkan sebaiknya jangan menyetir antara tengah malam hingga pukul 06.00. Jam biologis manusia biasanya menyarankan istirahat dalam kurun waktu tersebut, yang artinya risiko mengalami kecelakaan akibat mengantuk lebih besar. Jika terpaksa, jangan ragu segera istirahat saat mengantuk bukannya mengonsumsi kopi yang hanya bertahan beberapa jam.

5. Cukup Makan dan Minum

Sebelum berkendara, pastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi untuk menghindari dehidrasi yang menurunkan konsentrasi dan menyebabkan kantuk. Cairan yang dikonsumsi sebaiknya bukan kopi, alkohol, atau minuman manis yang jika efeknya sudah habis bisa menyebabkan kantuk. Untuk makan, sebaiknya pilih sepiring makan dalam porsi kecil atau secukupnya. Porsi yang terlalu besar berisiko memperlambat kerja tubuh karena energi digunakan untuk mengolah makanan.

Penulis: Ardiansyah Septian

Editor: Faisal Nur Fatullah

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru