oleh

Manfaat Tanaman Hias “Lidah Mertua” Bagi Kesehatan

 

 

Siarandepok.com – Lidah mertua adalah salah satu jenis dari tanaman hias. Bagi pecinta tanaman, pastinya sudah tidak asing ketika mendengar tanaman yang satu ini. Namanya tanaman Lidah Mertua atau dengan nama latin yaitu Sansevieria.

Tanaman Lidah Mertua ini tergolong mudah sekali ditemui di Indonesia, bahkan di beberapa rumah, tanaman ini tumbuh subur walau tidak mendapat perawatan ekstra. Namun tahukah ternyata tanaman Lidah Mertua  ini ternyata hanya dapat tumbuh dalam kondisi sedikit air dan cahaya.

Tanaman ini dinamai Lidah Mertua karena bentuknya yang tajam seperti lidah mertua, di ujung serta memanjang lurus ke atas, namun ada juga yang melebar ke samping atau melengkung.

Tanaman ini memiliki keistimewaan menyerap bahan beracun, seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene. Di Jepang, Lidah Mertua ini digunakan untuk menghilangkan bau perabotan rumah di ruangan.

Lidah Mertua juga mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan, salah satunya dapat mengurangi risiko diabetes. Caranya dengan rebus 25 gram daging Lidah Mertua dengan 3 gelas air, minum air tersebut 2 kali sehari.

Selain itu, Lidah Mertua dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Kita hanya perlu merebus akar Lidah Mertua sebanyak 27 gram ke dalam 3 gelas air. Sama seperti di atas, konsumsilah air rebusan tersebut sebanyak 2 kali sehari.

Penulis : Inggiet Yoes

Editor : Muthia Dewi Safira

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru