oleh

DLHK Pangkas Pohon untuk Hindari Bahaya

Siarandepok.com – Memasuki musim hujan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok mengintensifkan pengawasan pada sejumlah pohon yang rawan tumbang.

Untuk pohon yang sudah tua atau pun terlalu rindang, petugas rutin melakukan pemangkasan agar saat hujan dan angin kencang tidak menimpa pengendara yang melintas.

“Kami memiliki tim yang rutin melakukan monitoring ke berbagai titik pohon yang berpotensi tumbang. Tim kami juga melakukan pengawasan ke pohon yang sudah rindang untuk segera dipangkas,” ujar Kasi Tata Lingkungan dan Observasi DLHK, Rizal, Rabu (27/3).

Dirinya mengatakan, pemeliharaan pohon-pohon pinggir jalan di Depok terus dilakukan, khususnya di titik-titik yang rawan pohon tumbang antara lain di Jalan Sentosa Raya, Jalan Akses UI, Jalan Juanda, dan Jalan Raya Bogor.

“Di jalan tersebut, kami melakukan peningkatan identifikasi kerawanan pohon oleh petugas di lapangan maupun tindak lanjut dari laporan masyarakat,” jelasnya.

Dirinya juga menyebut, saat ini pihaknya sedang melakukan koordinasi pada setiap kecamatan untuk mengambil sikap dalam prioritas penanganan pohon yang rawan tumbang.

Dia juga meminta masyarakat untuk mewaspadai pohon-pohon tua yang rawan roboh. Begitu pun saat hujan, warga diminta tidak berteduh di bawah pohon karena biasanya saat hujan diiringi angin besar sehingga dikhawatirkan tertimpa pohon tumbang tersebut.

“Pohon-pohon yang umurnya sudah tua sangat rentan roboh dan membahayakan bagi warga, khususnya pengendara kendaraan. Terlebih, saat ini cuaca hujan cenderung berangin kencang,” pungkasnya.

Kemarin pihak DLHK memangkas pohon yang terlalu rindang di Jalan Pramuka, Mampang, Pancoranmas.

Sementara, warga Kelurahan Mampang, Muhamad Adli mengatakan belakangan cuaca tidak menentu, bisa tiba-tiba angin kencang dan hujan deras.

“Kalau ditebang saya tidak khawatir kalau tiba-tiba angin kencang,” tukas Adli.

 

Penulis: Ardiansyah Septian

Editor: Faisal Nur Fatullah

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru