oleh

Test, Kesehatan Mental Anda !

Gangguan kesehatan mental merupakan gangguan yang menyebabkan penderitanya menjadi tidak mampu mengontrol dirinya sendiri. Gangguan ini bisa menyebabkan penderitanya menyakiti diri sendiri dan juga orang lain bahkan bisa mengancam jiwa akibat ketidakmampuannya dalam mengendalikan diri. Kementerian Kesehatan mencatat bahwa 14 juta penduduk Indonesia mengalami masalah gangguan mental dan 400 ribu diantaranya mengalami gangguan jiwa berat. Namun itu bisa meningkat karena tidak adanya kesadaran untuk menemui psikiater demi mengobatinya. Dan parahnya hal tersebut karena mereka malu di cap gila jika menemui psikiater.

Gangguan kesehatan mental bukan hanya orang yang mengalami sakit jiwa saja. Ada beberapa yang bisa dikategorikan gangguan mental dan ini dia gejalanya :

Berikut ini gejala gangguan kesehatan mental

1. Kecemasan

Orang yang mengalami gangguan kecemasan akan merespon suatu hal tertentu dengan ketakutan. Ketakutan ini dibarengi dengan keringat dingin dan juga detak jantung yang meningkat drastis. Gangguan kecemasan ini termasuk salah satu gangguan kesehatan mental yang sering diabaikan karena dianggap biasa. Jika orang mengalami gangguan ini membuat hidupnya penuh ketakutan dan kecemasan berlebih. Dengan terapi obat-obatan dari psikiater tentu bisa membantu menyembuhkan dari gangguan kecemasan ini.

2. Psikotik

Gangguan ini membuat penderitanya berhalusinasi parah dan tidak mampu membedakan mana yang nyata dan mana yang hanya bayangan saja. Hal ini dikarenakan gangguan psikotik mempengaruhi kesadaran serta pemikiran yang menyimpang. Gangguan psikotik ini merupakan salah satu gangguan kesehatan mental yang dialami karena penggunaan obat-obatan terlarang. Perlu penanganan khusus dan rehabilitas agar bisa menyembuhkan penderita ini. Penanganan dengan segera sangat diperlukan agar bisa segera tertolong karena dikhawatirkan akan menyakiti diri sendiri maupun orang lain.

3. Suasana Hati

Gangguan suasana hati ini ditandai dengan perasaan sedih atau bahagia yang berlebihan dan perubahan dari sedih menjadi bahagia dengan sangat drastis atau sebaliknya. Sebagai contoh dari gangguan ini adalah bipolar dan depresi jangka panjang. Gangguan suasana hati ini merupakan salah satu gangguan kesehatan mental yang sering dialami anak muda. Ketidak mampuan untuk mengontrol emosi diri menyebabkan gangguan ini muncul. Jika anda memiliki gejala seperti di atas, sebaiknya segera mengunjungi psikiater untuk konsultasi serta penangana lebih lanjut.

4. Makan

Gangguan makan merupakan salah satu dari gangguan kesehatan mental. Gangguan ini berupa penolakan untuk makan karena khawatir meningkatkan berat badan akibat pencitraan yang salah. Selain itu gejala gangguan ini bisa berupa makan secara berlebihan dan mencoba mengeluarkannya kembali dengan cara yang tidak lazim. Yang terakhir adalah makan secara berlebihan tanpa bisa dihentikan adalah tanda dari gangguan makan ini. Hal ini terjadi karena gangguan makan akan mempengaruhi emosi secara ekstrem, perilaku serta sikap yang melibatkan tentang berat badan dan makanan.

5. Kontrol Impuls

Penderita dengan gangguan kontrol impuls tidak mampu untuk menahan dorongan melakukan tindakan yang bahkan bisa mengancam keselamatan dirinya sendiri maupun orang lain. Sebagai contoh pyromania yaitu keinginan kuat untuk menyulut api tanpa memperhatikan keselamatan dan setelah melakukannya akan timbul rasa puas. Biasanya dorongan untuk menyulut api merupakan bentuk upaya untuk meredakan ketegangan yang dialaminya. Selain itu kleptomania merupakan salah satu gangguan yang menjadi tanda-tandanya. Kleptomania ini merupakan tindakan pencurian yang disebabkan karena dorongan keinginan bukan karena faktor ekonomi dan ini merupakan gangguan kesehatan mental.

6. Obsesif-Impulsif

Orang yang memiliki gangguan obsesif impulsif ini bisa memiliki pemikiran yang obsesif serta perilakunya yang kompulsif. Pengidap ini bisa memiliki gambaran, pikiran, dan juga dorongan yang menyebabkan rasa cemas yang sangat berlebihan. Obsesif impulsif ini merupakan gangguan kesehatan mental dan harus segera ditangani. Orang yang mengalami gangguan ini bisa melakukan suatu aktivitas tertentu yang menjadi rutinitas akibat pemikiran konstan atau ketakutan berlebih. Jika mengalami gejala seperti di atas, segeralah menemui psikiater agar mendapatkan penanganan.

7. Pasca Trauma

Gangguan ini disebabkan karena suatu peristiwa yang traumatis seperti bencana alam, pelecehan, maupun kecelakaan yang sangat fatal. Gangguan pasca trauma ini merupakan salah satu gangguan kesehatan mental yang harus segera ditangani agar tidak mengganggu. Orang yang memiliki gejala ini memiliki kenangan maupun pemikiran abadi tentang ketakutan bila dihadapkan suatu kondisi yang membuatnya trauma. Dengan penanganan melalui terapi dan obat-obatan psikiater tentu bisa memberikan kesembuhan. Gangguan pasca trauma ini memiliki gejala seperti phobia namun gangguan ini lebih kompleks permasalahannya.

8. Kepribadian

Gangguan kepribadian ini merupakan salah satu macam dari gangguan kesehatan mental. Kelainan dari gangguan kepribadian ini adalah jenis masalah kesehatan mental yang bisa mempengaruhi sikap, pemikiran, dan perilaku. Gangguan kepribadian ini ditandai dengan perubahan suasana hati yang drastis, ketakutan, dan tidak stabil. Gangguan ini memiliki 3 tipe yaitu tipe eksentrik, tipe emosional, dan tipe cemas dan takut. Pola pikir, perasaan dan perilaku yang berbeda dari orang kain, dikhawatirkan bisa membahayakan lingkungan sekitar sehingga butuh untuk segera ditangani.

9. Penyebab

Gangguan kesehatan mental seperti diatas bisa dipicu oleh masalah tekanan lingkungan, tetapi yang benar-benar mempengaruhi adalah diri sendiri. Pikiran dan kebiasaan sehari-hari ternyata menjadi penyebab dan berikut ini yang harus anda tahu :

a. Pesimis

Orang yang memiliki sikap pesimis menjadi mudah mengalami gangguan kesehatan mental karena orang yang pesimis mudah putus asa. Orang yang pesimis memiliki anggapan tidak adanya harapan baik sehingga bisa menimbulkan depresi. Orang yang depresi bisa membahayakan orang lain bahkan bisa menghilangkan jiwa seseorang. Sering terjadinya kasus bunuh diri ternyata disebabkan faktor pesimis yang kemudian berubah menjadi depresi. Jadi penting sekali untuk berpikir positif agar tetap sehat secara fisik dan mental.

b. Perfeksionis

Orang dengan sikap perfeksionis membuatnya menuntut segala hal untuk sempurna dan tidak memiliki cacat. Sikap perfeksionis ini merupakan salah satu penyebab gangguan kesehatan mental karena seseorang merasa sedih dan kecewa jika tidak sesuai. Kekecewaan dan kesedihan yang dialami berlangsung selamanya yang tentu bisa mengganggu kesehatan mental. Jika tidak segera ditangani membuat penderitanya mengalami gangguan kecemasan atau anxiety disorder. Untuk mengatasinya cukup sederhana, yaitu dengan menentukan target yang realistis serta menyiapkan diri untuk segala kemungkinan.

c. Kurang Tidur

Tidur merupakan suatu kebutuhan agar tubuh tetap fit dan mampu melakukan regenerasi. Jika kurang tidur tentu membuat kinerja sistem kerja tubuh menjadi kacau dan terganggu. Penelitian menunjukkan kurang tidur membuat gangguan kesehatan mental berupa depresi, bipolar disorder, dan ADHD. Jika anda tidak bisa tidur 8 jam sehari karena gangguan, anda perlu konsultasi ke dokter. Hal ini karena bisa menyebabkan gangguan terhadap kesehatan fisik dan juga mental.

Itulah tadi macam-macam gangguan kesehatan mental serta penyebab yang sering diabaikan. Perlu kesadaran untuk segera menangani gejala tersebut agar segera bisa melakukan pencegahan dan pengobatan. Semoga artikel ini bisa membantu anda untuk menciptakan hidup sehat secara mental.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru