oleh

Pemprov DKI Jakarta Resmikan Layanan TBC Untuk Memperingati Hari TBC Sedunia

Siarandepok.com – Hari Tuberkulosis (TBC) sedunia jatuh pada tanggal 24 Maret. Sebagai memperingati hari TBC, pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah meresmikan Layanan TBC Resistent Obat (TBC RO) di RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Minggu (24/3).

Kepala Seksi Penyakit Menular, Tular Vektor dan Zoonotik, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dr. Murni L Naibaho mengungkapkan, lewat layanan tersebut, pihaknya mengajak masyarakat untuk hidup sehat dengan mengutamakan upaya promotif dan preventif dalam penanggulangan TBC.

Ia mengatakan bahwa TBC masih menjadi masalah kesehatan masyarakat saat ini. Indonesia menduduki peringkat ketiga dengan dengan beban TBC terbanyak setelah India dan China.

“Pemerintah Indonesia menargetkan untuk eliminasi TBC tahun 2030, dan untuk mencapai target tersebut diperlukan komitmen dari semua pihak. Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2018 telah menemukan 36.122 kasus TBC dan 720 kasus TBC Resisten Obat,” katanya.

Pencapaian tersebut katanya harus lebih dioptimalkan lantaran satu orang penderita TBC dengan BTA positif berpotensi menularkan TBC kepada 10 sampai 15 orang di sekitarnya. Pihaknya pun mengupayakan pencegahan TBC lewat sejumlah langkah.

Salah satunya adalah mengeluarkan kebijakan Penanggulangan Tuberkulosis melalui Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 28 tahun 2018 dan Rencana Aksi Daerah untuk Penanggulangan TBC, peningkatan fasilitas kesehatan dalam Pelayanan TBC serta pembentukan Koalisi Organisasi Profesi.

Ia juga menjelaskan, rangkaian kegiatan peringatan hari TBC di DKI Jakarta dilaksanakan melalui kegiatan deteksi dini terduga TBC yang dimulai dari tanggal 27 Februari 2019 sampai dengan tanggal 22 Maret 2019 dengan target sasaran warga masyarakat di pemukiman padat, kumuh dan miskin.

Selain itu, warga masyarakat di tempat-tempat khusus seperti rutan, lapas, pondok pesantren, asrama TNI, perusahaan atau korporasi.

Kegiatan deteksi dini tersebut dilaksanakan melalui Gerakan Grebek TBC. Hasilnya, pihaknya berhasil melakukan pemeriksaan TBC terhadap sebanyak 46.416 orang dengan jumlah terduga TBC sebanyak 7.137 orang dan sebanyak 417 positif penderita TBC.

Tidak hanya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu, pelayanan Tuberkulosis Resisten Obat (TBC RO) juga terdapat di sebanyak 24 RSUD seluruh Ibu Kota.

Hal tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 350 Tahun 2017 dalam upaya penanggulangan TBC untuk mencapai target Eliminasi TBC 2030.

 

Penulis : Inggiet Yoes

Editor : Muthia Dewi Safira

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru