oleh

Bahaya Minum Air Sambil Berdiri

Siarandepok.com – Minum air yang banyak sangat bagus bagi kesehatan, tapi akan berbeda ketika seseorang minum air sambil berdiri.  Biasanya orang-orang tidak peduli dampak apa yang akan dirasakan ketika minum sambil berdiri.

Selain tak sopan, minum sambil berdiri juga berpengaruh dalam kesehatan, apa saja dampaknya?

1.Sakit Perut

Ketika kita minum sambil berdiri, maka tenggorokan mengalami penyempitan. Dan berkerut yang bisa mempersulit makanan untuk digiling hancur dengan lancar pada jaringan pencernaan.

2. Memicu Arthritis

Penyakit arthritis bisa terjadi karena terganggunya keseimbangan cairan dalam tubuh yang tersalurkan sampai bagian sendi. Ini bisa memicu peradangan pada sendi.

3. Asam Lambung

Lambung adalah bagian tubuh yang paling terkena dampaknya saat kita sering minum  pada posisi berdiri. GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) atau yang biasa disebut naiknya asam lambung terjadi karena tekanan air yang diminum saat berdiri mengejutkan bagian saluran (spincter) yang menuju ke lambung.

4. Ginjal Terganggu

Selain lambung, ginjal juga akan ikut terganggu. Apalagai ginjal memiliki fungsi sebagai penyaring. Minum sambil berdiri akan menyebabkan penyaringan tidak sempurna sehingga merusak fungsi ginjal dalam bekerja.

5. Tegang Pada Saraf

Saat kita berdiri, sistem urat saraf simpatis aktif untuk menahan semua otot dan menjaga keseimbangan. Namun kalau kita minum saat duduk bisa mengaktifkan system saraf parasimpatik yang menegaskan pikiran dan meringankan proses pencernaan.

 

Penulis : Inggiet Yoes

Editor : Muthia Dewi Safira

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru