oleh

Manfaat Olahraga untuk Penyakit Hipertensi

Siarandepok.com – Hipertensi adalah tekanan darah tinggi yang biasanya dialami oleh orang tua, tetapi tidak menutup kemungkinan diawali oleh remaja dan anak -anak. Selain dengan mengubah pola makan sehat dan minum obat, kita sebaiknya juga imbangi dengan berolahraga rutin untuk mengendalikan tekanan darah tinggi.

Banyak manfaat olahraga untuk penyakit ini. Lalu apa saja manfaat olahraga untuk hipertensi?

Olahraga dapat meningkatkan kebugaran jantung untuk memompa darah tanpa harus dipaksa bekerja keras. Artinya, detak jantung akan lebih rendah dan teratur.

Tidak hanya itu, olahraga secara teratur juga membantu kita mempertahankan berat badan yang sehat, yang merupakan cara lain untuk mengontrol tekanan darah.

Khususnya bagi orang yang memiliki riwayat hipertensi, olahraga rutin dapat mengurangi kebutuhan untuk minum obat tekanan darah.

Berikut adalah beberapa contoh olahraga sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengendalikan tekanan darah, yairtu naik turun tangga, jalan kaki, jogging, bersepeda, berenang, dan menari. Semua ini dilakukan 30 menit setiap hari, minimal untuk 3 – 5 hari dalam seminggu.

Sempatkan pula untuk melakukan aktivitas rumah tangga sendiri agar lebih aktif, seperti memotong rumput, menyapu, berkebun, atau mengepel lantai. Walaupun kelihatannya aktivitas tersebut sangat sepele, tapi dapat membuat kesehatan membaik.

 

Penulis : Inggiet Yoes

Editor : Faisal Nur Fatullah

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru