oleh

Tips Mendaki Saat Musim Hujan

Siarandepok.com—Beberapa tahun terakhir, naik gunung menjadi sebuah kegiatan yang diminati banyak orang. Bukan hanya mereka yang tergabung dalam pecinta alam. Kini, pelajar, mahasiswa, pegawai, bahkan anak-anak pun ikut tertarik untuk menikmati pemandangan negeri di atas awan ini.

Nah, memasuki musim hujan seperti ini, bukan berarti Anda harus menghentikan atau menunda kegiatan naik gunung, ya! Kalian tetap bisa melakukan naik gunung sesuai rencana, kok! Namun bedanya, track atau jalur yang Anda lalui mungkin akan jauh lebih sulit dari biasanya sehingga menuntun Anda untuk lebih berhati-hati.

Untuk itu, berikut siarandepok.com berikan informasi mengenai tips naik gunung saat hujan

1. Simpan barang bawaan dalam dry bag

Dry bag merupakan sebuah tas anti air yang berfungsi untuk melindungi barang bawaan Anda. Barang ini akan memberikan kemudahan bagi Anda ketika mendaki saat kondisi hujan. Anda bisa menaruh barang berharga seperti dompet, handphone, kamera, dsb. agar barang-barang tersebut aman dan tetap dalam kondisi kering.

2. Kenakan gaiters

Gaiters berfungsi untuk melindungi mata kaki hingga kaki bagian atas Anda. Gaiters ini berfungsi untuk mencegah air, lumpur, atau pasir tidak masuk ke dalam sepatu yang nantinya dapat mengganggu kenyaman kaki Anda selama pendakian.

3. Kenakan pakaian yang mudah kering

Pilih dan pakailah baju dan celana yang cepat kering ketika mendaki, terlebih saat musim hujan. Selain ringan dan mudah dibawa, pakaian dengan kemampuan cepat kering dapat mengurangi risiko Anda terserang hipotermia.

4. Siapkan jas hujan atau ponco

Saat kamu mendaki gunung dan sudah terlihat tanda-tanda hujan akan turun, segera kenakan jas hujan atau ponco. Ada baiknya kamu mengenakan ponco plastik agar ringkas dalam dikenakan, ringan dibawa, dan mudah dimasukkan dalam tas.

5. Siapkan rain cover untuk tas

Ketika Anda melindungi diri dengan menggunakan jas hujan atau ponco, tas yang Anda gunakan pun ada baiknya dilindungi oleh rain cover. Walaupun di dalam tas, semua barang telah dilindungi oleh plastik atau trashbag, penggunaan rain cover dapat jauh lebih melindungi barang bawaan Anda.

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru