oleh

7 Manfaat Konsumsi Buah Mangga

Siarandepok.com—Siapa sih yang tidak mengenal buah yang satu ini. Terlebih, Anda bisa menemukan buah mangga di berbagai tempat di Kota Depok, termasuk di lapak pedagang di pinggir jalan. Tapi, Anda tahu nggak, sih, ternyata nama “mangga” berasal dari bahasa Malayalam maanga. Kata ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga (Bahasa Portugis), mango (Bahasa Inggris) dan lain-lain. Buah mangga sendiri berasal dari daerah di sekitar perbatasan India dan Burma, buah ini telah menyebar ke Asia Tenggara sekurang-kurangnya semenjak 1500 tahun yang silam.

Selain informasi di atas, berikut siarandepok.com sajikan informasinya mengenai manfaat buah mangga bagi kesehatan Anda:

  1. Mencegah Kanker
    Penelitian menunjukkan bahwa senyawa antioksidan dalam buah mangga ternyata dapat melindungi Anda dari penyakit kanker usus besar, kanker payudara, leukemia dan prostat. Senyawa-senyawa ini termasuk quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat dan methylgallat, serta enzim yang melimpah.
  2. Menurunkan Kolesterol
    Tingginya kadar serat, pektin dan vitamin C dapat membantu Anda dalam menurunkan kadar kolesterol serum, khususnya Low-Density Lipoprotein (hal-hal buruk).
  3. Membersihkan Kulit
    Mangga dapat digunakan baik secara internal maupun eksternal untuk kulit. Untuk Anda ketahui, ternyata buah mangga membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan menghilangkan jerawat.
  4. Meningkatkan Kesehatan Mata
    Satu cangkir mangga iris memasok 25 persen dari nilai harian vitamin A yang dibutuhkan, yang meningkatkan penglihatan yang baik dan mencegah kebutaan malam dan mata kering.
  5. Mengobati Diabetes
    Bagi Anda yang menderita diabetes, daun mangga ternyata dapat membantu menormalkan kadar insulin dalam darah. Buah mangga juga memiliki indeks glikemik yang relatif rendah (41-60) sehingga jumlah moderat tidak akan meningkatkan kadar gula Anda.
  6. Melancarkan Pencernaan
    Pepaya bukan satu-satunya buah yang mengandung enzim untuk memecah protein. Ada beberapa buah, termasuk mangga, yang memiliki kualitas sehat ini. Serat dalam mangga juga membantu pencernaan dan eliminasi.
  7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
    Anda akan menemukan vitamin C dan vitamin A dalam jumlah yang banyak di mangga, ditambah 25 jenis karotenoid yang berbeda membuat sistem kekebalan tubuh Anda tetap sehat dan kuat.

Setelah mengetahui berbagai manfaat mangga bagi kesehatan, maka jangan bingung-bingung lagi memilih buah yang akan disantap, ya! Terlebih buah mangga bisa dinikmati dalam berbagai sajian.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru