Akademisi, Media, Mahasiswa dan Pengusaha Deklarasikan Gerakan Masyarakat Anti Hoax

- Reporter

Selasa, 25 September 2018 - 23:45

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

JAKARTA, (24/9) – Akademisi, Media, Mahasiswa dan Pengusaha deklarasikan gerakan masyarakat anti Hoax dalam diskusi bersama mahasiswa dengan tema “Mengangkat Harga Diri Bangsa di Kancah Internasional”. Deklarasi ini dilakukan menanggapi maraknya peredaran berita palsu alias hoax di media sosial di Indonesia belakangan ini.

Kegiatan deklarasi diadakan pada sela-sela diskusi nasional di Café&Resto Dapoer Darisam, Pasar Minggu, Jakarta, Senin (24/9/2018). Deklarasi ini diharapkan bisa menarik minat masyarakat untuk sosialisasikan berita positif dan tidak menyebarkan berita palsu di media sosial maupun lingkungan masyarakat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Bambang Purwanto (Redaktur Internasional Antara) sebagai pemateri diskusi menuturkan bahwa menjaga harga diri bangsa Indonesia dapat dimulai dengan tidak menyebarkan konten berita hoax.

“Untuk kemajuan NKRI dan keberlangsungan pembangunan nasional, harus bergotong-royong menyebarkan konten positif yang menumbuhkan optimisme bangsa,” ujar Bambang.

Lebih lanjut, Bastian Zulyeno (Dosen FIB Universitas Indonesia) menambahkan bahwa selain menangkal berita hoax, masyarakat juga harus partisipatif dalam mempromosikan keunggulan Indonesia.

“Masyarakat harus cerdas, bukan hanya menangkal hoax tapi juga partisipatif dalam promosi keunggulan Indonesia agar dapat respon positif di Internasional,” ujar dosen yang sedang melakukan penelitian hubungan masuknya Islam di Indonesia dengan Azerbaijan.

Ade Munadi (Ketua Pelaksana ICF 2018 di Baku Azerbaijan) juga menuturkan bahwa saat ini Indonesia mendapat perhatian dunia lewat suksesnya pelaksanaan Indonesia Cultural Festival 2018 di Baku Azerbaijan.

“Salah satu cara untuk menangkal hoax dan mengangkat harga diri Bangsa Indonesia lewat aktifnya Indonesia menyelenggarakan acara di Internasional salah satunya yaitu Indonesia Cultural Festival 2018 di Baku Azerbaijan” kata Ade.

Disaat pembacaan deklarasi gerakan masyarakat anti hoax, juga turut hadir mahasiswi asal Azerbaijan yang akan melanjutkan studi strata 2 (S2) di ITB, ketika dimintai pendapatnya mengapa memilih Indonesia sebagai destinasi studi selanjutnya, Gulnar Babasesa menyatakan bahwa dirinya jatuh cinta dengan Indonesia.

“Saya jatuh cinta dengan Indonesia, karena Indonesia sangat aman, pembangunan infrastruktur pun saat ini sangat pesat sehingga saya makin mantap untuk melanjutkan studi S2 di Indonesia” ujar Gulnar yang berbicara sambil terbata-bata kepada para awak media.

Diharapkan dengan terselenggaranya deklarasi gerakan masyarakat anti hoax, dapat menciptakan kultur yang membangun dan positif kepada pemerintah untuk kedepannya dapat mengayomi dan mengangkat harga diri bangsa Indonesia di kancah Internasional.

<

Berita Terkait

Ponpes Darul Amanah Satu- satunya Pesantren yang Ikuti Kompetisi Sepak Bola di Bali 7s Se-Asia Tenggara
Bentuk Satgas, Pemerintah Komitmen Berantas Judi Online
Komitmen Jangkau Lebih Banyak Keluarga Dengan Layanan lebih baik dan Berdaya, BKKBN Jabar Lantik Penyuluh KB Ketrampilan
Banggakan Jawa Barat, Kabupaten Sukabumi dan Kota Depok Bersinar di Penghargaan Pembangunan Kependudukan Nasional
Pilkada Depok Semakin Dinamis, Alumni Muda Gontor Dukung Supian Suri
Meriah dan Penuh Bahagia, Zona Madina Dompet Dhuafa Bersama Pemerintah, Stake Holder dan Jejaring Rayakan Hari Lansia Nasional 2024
Apresiasi Komitmen BIN dan Kolaborasi Lintas Sektor Atas Suksesnya Pengamanan WWF ke-10 di Bali
Perkuat Sinergitas Lintas Sektor, Komitmen BIN Sukseskan WWF ke-10 di Bali Banjir Apresiasi

Berita Terkait

Selasa, 16 Juli 2024 - 09:06

Gilanya Fans Sepakbola Copa Amerika, Apakah seperti Fans Sepakbola Indonesia? 

Selasa, 16 Juli 2024 - 08:59

DPRD Gelar Rapat Paripurna Tuk Setujui Raperda Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023

Senin, 15 Juli 2024 - 11:10

Seminar Online Primago 2024“Bagaimana Peran Orang Tua  Dalam Memondokkan Anaknya Di Pesantren

Minggu, 14 Juli 2024 - 17:29

Bangun Potensi dan Karakter Santri, Pesantren Leadership Daarut Tarqiyah Primago adakan Pembukaan Kegiatan Ekstrakurikuler

Sabtu, 13 Juli 2024 - 17:16

1 Windu Berkiprah, Pesantren Leadership Daarut Tarqiyah Primago adakan Syukuran dan Seminar Online

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:58

Grand Syaikh Al-Azhar Apresiasi Pondok Pesantren Darunnajah Dalam Memperkuat Pendidikan Agama Islam di Indonesia

Kamis, 11 Juli 2024 - 13:01

Ulama Besar, Grand Syaikh Al-Azhar Bakal Hadir di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Senin, 8 Juli 2024 - 18:38

Madina Muharram Festival 1446 H, Ramah Keluarga, Beribu Manfaat

Berita Terbaru