oleh

Kecamatan Pancoran Mas Rancangkan Program Tahfiz Quran

Siarandepok.com – Yayasan Perjuangan Khalifah Masa Depan (YPKMD) Kecamatan Pancoran Mas rancangkan Program Tahfiz. Hal ini dilakukan untuk menungkatkan keimanan dan kecintaan terhadap Alquran sesuai visi Depok yaitu Religius. Semua pelajar di tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK Perjuangan Terbadu akan turut andil dalam kegiatan ini.

Dilansir dari depok.go.id, Wahyu Maulana, Ketua Karantina Tahfiz YPKMD, mengatakan “Sebanyak 37 pelajar penghafal Alquran di tingkat SMP angkatan pertama telah lulus. Ke depan, ada 57 pelajar SMP lainnya yang menyusul untuk gelombang kedua, pada 24-26 Agustus 2018. Sisanya, mengikuti jadwal yang sudah disusun, yaitu SD, SMA, dan SMK,”

Nantinya, Program Tahfiz Quran akan dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas hafalan dan bacaan. Untuk kelas hafalan dibagi menjadi tiga kelompok yaitu kelas lambat (awal), sedang, dan cepat. Untuk kelas bacaan dibagi tiga kelompok juga, yaitu kelas igra, terbata, dan mahir. Pengelompokan ini berdasarkan pada penilaian dari tim agama di masing-masing sekolah.

Dalam setahun para pelajar ditargetkan hafal dua juz, yaitu juz 29 dan 30. Mereka akan mengikuti karantina selama tiga hari di sekolah sebagai upaya untuk mempercepat proses penghafalan. Jadwal di masing-masing sekolah sudah tersusun berdasarkan permintaan.

Metode untuk penghafalan yang akan diberikan seperti dibaca bersamaan, didengar berulang-ulang, dan beberapa metode lainnya. Untuk kelas cepat targetnya hafal semua surat yang ada di juz 30. Untuk kelas sedang sampai Surat An-Naziat, sementara kelas awal cukup sampai Surat At Takwir.

“Ketika target tidak tercapai, para pelajar tetap harus melanjutkan hafalan, setor ke masing-masing wali kelas atau guru agamanya ketika Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas. Dengan demikian, target dua juz dalam setahun bisa tercapai,” lanjutnya.

 

Penulis: Dhea A

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru