oleh

Para Relawan PMI Depok Berikan Pelatihan

Siarandepok.com –Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok harus memiliki pemahaman terkait penanggulangan bencana. Maka dari itu para relawan diberi pembekalan dan pelatihan penanggulangan bencana agar memiliki kompetensi dasar dalam upaya pertolongan kepada korban bencana.

Dilansir dari Radardepok.com “Relawan yang kami latih sebanyak 24 orang, khusus untuk penanggulangan bencana banjir, puting beliung, kecelakaan kereta dan lain-lain. Keterampilan ini perlu dimiliki setiap relawan, apalagi Posko PMI Kota Depok sudah terbentuk Juni 2018,” ujarKetua PMI Kota Depok, DudiMi’raz di ruangkerjanya.

Beberapa materi yang disampaikan antara lain, manajemen pelaporan pada saat tanggap darurat bencana, seperti penyampaian informasi terkait tanggal, waktu, tempat kejadian dan durasi waktu respon lalu relawan PMI harus bisa mengendalikan laporan masyarakat melalui media sosial, SMS  atau WhatsApp. Selain materi, peserta juga diberikan praktik langsung, agar menguasai semua pelatihan yang diajarkan. Pelatihan ini berisi 40 persen materi dan 60 persen praktik. Diharapkan pelatihan ini dapat membuat relawan semakin siap dalam menghadapi dan menanggulangi bencana.

 

Penulis :Zakiyah R

Editor : Iis J

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru