oleh

Menyamakan Persepsi, Para Guru di Sawangan Depok bersosialisasi

 

Menjelang penilaian tema 1 di Kurikulum 2013, guru-guru di Gugus 3 Kecamatan Sawangan bersosialisasi mengenai aplikasi Kurikulum 2013. Rapat ini diadakan di SD Islam Kamila Insan Cita yang bertujuan untuk menyamakan persepsi terhadap aplikasi penilaian yang sesuai dengan Kurikulum 2013.

“Selama ini guru terkadang mendapatkan aplikasi Kurikulum 2013 dari berbagai sumber. Oleh karena itu, dengan sosialisasi ini, diharapkan untuk bisa menyamakan persepsi tentang aplikasi yang digunakan untuk penilaian” ucap Dede Sulaeman selaku Pengawas SD Kecamatan Sawangan

“Gugus 3 terdiri dari SDN Kedaung, SDN Cinangka 1, 2, 3, 4, 5, SD Islamiyah, SDIT Darul Falah, dan SDI Kamila Insan Cita,” ucapnya kepada seperti yang dilansir oleh Radar Depok..

Dede menjelaskan, dalam kurikulum 2013 ada penilaian yang disebut sebagai deskripsi. Dalam nilai deskripsi tersebut, guru harus sudah membuat penggambaran penilaiannya dari keseharian siswa. Baik secara akademik, perilaku, dan moral. Sehingga guru harus bisa menggunakan aplikasi Kurikulum 2013 dengan baik dan benar.

Nilai deskripsi ini, adalah jabaran dari nilai angka yang diberikan guru kepada siswanya. Jadi, ada kelebihan dan kekurangan siswa yang dijelaskan dari nilai tersebut,” kata Dede Sulaeman.

Untuk bisa menilai dari deskripsi tersebut, guru harus bisa mengenal siswa dengan baik dan lebih dalam. Ini semua sesuai dengan target fokus di Kurikulum 2013, yakni tidak hanya membuat siswa jadi cerdas dan pintar, namun juga menciptakan siswa yang berkarakter disiplin dan beretika yang baik.

Penulis : Daffa R.A.M

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru