oleh

Masjid As’Saadah Prototype Ideal DMI dalam Pengembangan Masjid

Siarandepok.com – Masjid As Sa’adah Mutiara Depok menjadi masjid percontohan di Kota Depok. Hal ini karena masjid ini menerapkan sistem manajemen yang sangat luar biasa. Seperti yang dikatakan H. Edi sebagai DKM Masjid As Sa’adah “masjid ini setiap tahunnya memberangkatkan umroh Imam Rowatib, khotib jumat dan marbot. Dananya diambil dari donatur warga 10.000 perbulan”

Kunjungan Dewan Masjid Indonesia Kota Depok ke Masjid As’Saadah Mutiara Depok ( Foto : Siarandepok.com)

Dikatakan sebagai masjid percontohan di Kota Depok karena berbagai kegiatan masjid di masjid ini yang terbilang rutin. Bahkan masjid ini mempunyai jadwal tersendiri dalam membuat sebuah kegiatan. Kegiatan masjid terdiri dari jangka  panjang, menengah dan jangka pendek.

Pedagang kecil seperti pedagang ketoprak, mie ayam, dan bakso pun diberi modal sesuai kebutuhan mereka dengan cara mencicil pinjaman Rp. 15.000 per hari. Cicilan tersebut terdiri dari Rp.10.000 untuk cicilan pinjaman dan Rp. 5000 untuk infak pedagang. Tidak hanya memimjamkan modal kepada pedagang, masjid ini setiap malam jumat memanggil yatim dan duafa sebanyak 40 orang  untuk dzikir bersama dan diberi santunan yang dananya dari infak warga.

Tidak hanya berbagai kegiatan yang ada di masjid ini, fasilitas masjid pun terbilang sangat lengkap. Mulai dari pengarsipan surat menyurat yang lengkap sampai ruang kantor masjid yang dilengkapi dengan berbagai peralatan lengkap seperti Lemari arsip surat, CCTV, Lemari khusus sound system, Satu set komputer, Printer dan scant foto copy, Perpustakaan masjid, dan masih banyak lagi.

 

 

Penulis: Dhea A

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru