oleh

Diskominfo Depok Gelar “Internet Sahabat dan Media Ramah Anak”

-Pendidikan-761 views

Siarandepok.com- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok bekerjasama dengan Komunitas Internet Sahabat Anak (KISA & KISA MUDA) menyelenggarakan acara Depok Layak Anak dengan tema “Internet Sahabat Anak dan Media Ramah Anak”. Acara tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Internet Sedunia di Aula Perpustakaan Kota Depok pada tanggal 29 Oktober 2016.

“Acara ini bertujuan memberikan edukasi kepada para pengguna internet, khususnya anak – anak dengan menghadirkan 150 pelajar SMP dan SMA se-Kota Depok,” jelas Adhy Parayudha, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Selasa (25/10/2016).

Menurut Adhy, dirinya menambahkan, internet ibarat pisau bermata dua yang memiliki sisi negatif dan sisi positif. Internet dapat menimbulkan ketergantungan anti sosial, serta dapat memicu perilaku agresif pada anak–anak. Akan tetapi, internet juga memiliki sisi positif yang begitu banyak, seperti halnya dengan internet kita dapat menambah wawasan, berkomunikasi dengan banyak orang, dan mendapatkan banyak teman.

“Berharap nantinya para peserta dapat menggunakan dengan positif, dan mendapatkan manfaat yang juga positif dari internet,” tambahnya.

Acara yang menyajikan kegiatan talkshow ini menghadirkan pembicara Elly Farida (Ketua TP PKK Kota Depok) dengan membahas tentang Remaja yang hebat di era digital, Donny B.U (ICT Watch) yang membahas tentang cara memanfaatkan internet untuk pelajar, serta Ipda Nurul Kamila Wati (Katim Srikandi Polresta Depok) yang akan membicarakan tentang tentang Cyber Crime. Selain itu, juga akan ada story telling tentang “Petualangan di Dunia Maya” yang menghadirkan Kak Oky (Mr Pret) sebagai pendongeng.

“Untuk story telling ini, akan dihadiri oleh 100 anak SD se-Kota Depok yang diselenggarakan di ruang film Perpustakaan Kota Depok,” tambahnya.

Kegiatan acara ini merupakan bentuk realisasi dalam memerangi dan meminimalisir penggunaan dan dampak negatif dari internet, untuk itu diperlukan kerjasama antara Pemerintah, Masyarakat, Guru, dan para orang tua untuk bersama-sama menjaga anak-anak agar tidak terkena dampak negatif internet.

Dalam kegiatan ini juga akan disajikan beberapa hiburan, antara lain adalah penampilan akustik dari bianglala, penampilan biola dari AVC Depok, stand up comedy dari Bibul, pantomin dari Tim Ilustrasi, selain talkshow, story telling dan pameran komunitas Depok. Dengan MC dari Abang dan Mpok Kota Depok dan Emsee_Id ikut memeriahkan acara Depok Layak Anak ini.

“Mengajarkan dalam menggunakan internet yang baik, benar, tepat dan bertanggungjawab, dapat melindungi generasi muda dari bahaya internet sekarang ini” tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru