Menu

Bawang Putih, Bahan Dapur Yang Memiliki Segudang Manfaat

  Dibaca : 280 kali
Bawang Putih, Bahan Dapur Yang Memiliki Segudang Manfaat

Siarandepok.com – Bawang Putih adalah bahan dapur yang tidak pernah terlupakan. Karena perannya sangat penting dalam menambah cita rasa makanan. Bukan hanya itu, ternyata bawang putih ini memiliki segudang manfaat lain bagi kesehatan.

Beberapa penelitian mengemukakan bahwa bawang putih mengandung senyawa allicin yang berfungsi sebagai anti-virus, anti jamur, bisa turunkan kolesterol hingga menjaga sistem imunitas.

Untuk mendapatkan aroma yang maksimal dari bawang putih, cara pengolahannya harus tepat dan sesuai kebutuhan. Aroma yang kuat dapat diperoleh dengan mememarkan bawang putih dan mencincangnya dengan halus. Sebaliknya, untuk aroma yang lembut cukup iris tipis bawang putih dan gunakan untuk memasak.

Aroma bawang putih ini berasal dari enzim bernama allyl methyl sulfide. Keberadaan enzim tersebut juga menyebabkan aroma bawang putih bisa bertahan 24 jam di mulut.

Walaupun banyak memiliki manfaat tapi masih banyak orang yang tidak ingin mengkonsumsinya karena baunya yang kuat.

Sayangnya, bawang putih tidak disukai beberapa orang karena meninggalkan bau yang kuat setelah dikonsumsi. Untuk menghilangkan aroma bawang putih, ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi.

Nah agar tidak ragu untuk menggunakannya, berikut ada beberapa manfaat dari bawang putih:

1. Mengusir Ketombe

Memarkan sekitar 5 siung bawang putih dan biarkan 10 sampai 15 menit. Kemudian tambahkan dengan 7 sdm madu organik dan aduk rata. Madu ditambahkan karena punya sifat anti-jamur. Caranya oleskan campuran madu dan bawang pada kulit kepala dan rambut secara menyeluruh. Diamkan 5-10 menit. Terakhir, bilas bersih dengan shampoo.

2. Meredakan Jerawat

Ambil setengah siung bawang dan gosokkan pada area berjerawat. Bawang putih punya sifat antiradang untuk mengurangi iritasi kulit. Bawang putihpun mengandung alicin yang akan membunuh bakteri penyumbat pori-pori penyebab jerawat.

3. Mengusir Hama

Cukup campur beberapa siung bawang putih dan air kemudian blender. Semprotkan cairan tersebut secara berkala pada bunga dan tumbuhan. Serangga pasti akan menghindar.

4. Mengembalikan Warna Kuku

Ambil cotton bud dan celup sedikit ke minyak bawang putih kemudian oleskan ke jari kuku. Secara perlahan, kuku jari kaki akan kembali ke warna normal dalam seminggu.

 

Penulis: Inggiet Yoes

Editor: Muhammad Rafi Hanif

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional