Cara mengatasi haus saat puasa.

- Reporter

Rabu, 20 Maret 2024 - 12:13

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Cara mengatasi rasahaus pada saat kita berpuasa tentu saja untuk mereka yang berpuasa tanpa makandan tanpa minum.

Jumpalagi dengan saya Dr Sung. saya akan membahas Bagaimana caramengatasi rasa haus saat berpuasa.

Kalau kita berbicara tentang puasa puasa ini sudah berlangsung selama ribuan tahun dan banyak sekali jenisnya dilakukan oleh orang-orang dari berbagai negara dengan tujuan yang berbeda-beda yang tujuannya untuk kesehatan ada yang tujuannya untuk menjaga bentuk tubuh agar tetap ideal.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kemudian ada yang tujuannya untuk alasan agama ada juga sampai alasan spiritual. tapi saya tidak akan bahas jenis-jenisnya itu.

Kali ini saya akan bahas bagaimana caranya mengatasi rasa haus pada saat kita berpuasa.

Tentu saja untuk mereka yang berpuasa tanpa makan dan tanpa minum ya dan biasanya yang durasinya lebih panjang kalau puasa setengah hari mungkin tidak ada masalah atau mungkin ada yang mengatakan

“Saya puasa 12 jam tapi kerjaan Saya hanya tidur”

ya itulah tidak haus ini misalnya dari 12.00 sampai 12.00 atau dari 11.00 sampai jam 12.00 besoknya kalau tidak ada masalah.

Ini mungkin buat Anda yang sedang berpuasa tapi tetap harus bekerja keluar rumah atau kerja di kantoran dan banyak orang bilang :

“Saya lebih bisa tahan lapar dok dibandingkan dengan tahan haus jadi Harusnya itu menyiksa gitu”

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips nya bagaimana supaya Anda bisa berpuasa dan tidak terlalu merasa kehausan.

Jadi pada saat jam buka puasa gunakan jam buka puasa ini jam rentang Anda boleh mengkonsumsi makanan dan minuman gunakan dengan baik.

Jadi isi cairan tubuh anda kalau pada umumnya kita sebut 2 liter atau dibagi menjadi 18 Smash yang orang kanak-kanakan berbeda-beda.

Orang yang berat badannya 50 kilo tentu saja kebutuhan cairannya akan berbeda denganorang berat badan 200 rab 100 kilo, apalagi yang 100 lebih tentu saja volume akan lebih banyak.

kita ambil rata-rata dua liter atau delapan gelas kecuali kalau anda yang mungkin badannya over bisa kalikan dengan 40cc berat badan Anda dan gunakan kesempatan pada saat jam buka di bagi setiap jamnya anda mengkonsumsi cairan.

Jadi agar anda tidak kekurangan cairan pasang halus akan Ketika anda mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi. Kalau parah Anda bisa mengalami namanya dehidrasi berat.

Dehidrasi dibagi menjadi Raya dehidrasi ringan sedang dan berat, kemudian tubuh ini pintar ketika kita kekurangan cairan tubuh akan memberikan sinyal atau respon, yaitu rasa haus.

Bagaimana dengan latar dokter, kok yang  lebih susah menahan haus daripada lapar kalau lapar. kalau seperti itu berarti identik dengan kurangnya asupan makanan tubuh kita mempunyai cadangan.

cadangan energi yang disimpan berupa lemak kemudian disimpan di hati juga disimpan di otot jadi pada saat kita kekurangan energi dari karbohidrat karena tidak makan harus berpuasa itu akan menggunakan cadangan energi yang tadi.

Makanya kenapa banyak orang yang mengalami lebih susah menahan hausnya daripada laparnya Mungkin ada yang nyeletuk.

Salah satu fungsi dari cairan kita berkeringat itu juga untuk mengurangi panas tubuh. Solusinya adalah selain mengkonsumsi cairan dengan cukup pada saat anda buka puasa, solusi lain Anda bisa menggunakan blender Kemudian Anda isi air, isi sedikit es batu jadikan kondisi airnya sejuk (tidak terlalu dingin).

Anda bisa merendam kaki anda di sana atau merendam bagian tubuh yang lain. Tapi bukan untuk diminum, Jadi anda bisa rendam kaki kemudian atau rendam tangan. Karna itu akan mengurangi rasa haus.

Kemudian Cara lainnya lagi adalah Misalnya di kantor ada yang tidak mungkin bawa ember tapi kalau diijinkan, silahkan anda bisa rendam kaki Anda pada saat kerja dikantor. Jadi atasnya mungkin di depan komputer kakinya direndam.

Jangan menggunakan air yang terlalu dingin cukup yang sejuk saja, kalian kalau dingin malahan tubuh anda akan membutuhkan energi lagi setelah anda angkat menghangatkan lagi tubuh anda yang tadi yang direndam kemudian Cara lainnya adalah dengan bisa mengambil es batu sedikit saja.

Kemudian dibungkus dengan handuk, lalu letakkan dipergelangan tangan atau di leher. Di bagian ini itu pembuluh darah atau pembuluh nadi kuat jadi bisa menghantarkan sejuk.

Mungkin dua tips ini bisa berguna buat Anda yang sedang berpuasa tentu saja yang berpuasa tidak mengkonsumsi makanan dan minuman agar semua tujuan puasanya tercapai.

<

Berita Terkait

Apakah Kita Masih Fitri?
Strategi Dakwah : Wajah Islam Tergantung Pada Dakwah
ZONA MADINA BERSAMA ISLAMIC RELIEF INDONESIA GELAR DAKWAH KEMANUSIAAN UNTUK PALESTINA
Akhirnya Setelah 3 Tahun lamanya, Ganda Campuran Rinov/Pita berhasil harumkan Indonesia di Spain Master 2024
Tips agar rumah tetap aman saat di tinggal mudik
Ingin Menghindari Lemak Saat Lebaran? Berikut Beberapa Resep Menu Lebaran Tanpa Santan
Ketupat Makanan Khas Di Indonesia saat Lebaran, berikut Makna ketupat Lebaran dan cara membuatnya
Dai-Daiyah Muda NU Trenggalek Antusias Ikuti Literasi Digital LD PBNU

Berita Terkait

Jumat, 19 April 2024 - 15:52

Family Ghathering YPIPD/SIT Pondok Duta Depok Ke Pengalengan Bersama Dirgantara AIA Tour Travel Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:42

Bukan sekedar Gaya-gayaan, Betawi bakal punya Ikatan Cendekiawan Betawi

Kamis, 18 April 2024 - 19:01

104 Santri Pesantren Leadership Daarut Tarqiyah Primago Tahun 2024 Ikuti Ujian Masuk Pondok Modern Darussalam Gontor

Kamis, 18 April 2024 - 08:28

Rumah Hijabers Depok Membuka Peluang Usaha Fashion Dari Rumah Tanpa Modal

Senin, 15 April 2024 - 10:57

LPM Aktif dan Non Aktif Dukung Supian Suri Jadi Walikota Depok 2024

Sabtu, 13 April 2024 - 07:21

Gelar Open House, Ribuan Warga Depok Berbondong-bondong Datangi Kediaman Supian Suri

Jumat, 12 April 2024 - 06:00

Apakah Kita Masih Fitri?

Senin, 8 April 2024 - 09:21

Strategi Dakwah : Wajah Islam Tergantung Pada Dakwah

Berita Terbaru