oleh

Sekda Kota Depok Peringati HKN ke-57 dan Ingatkan Protokol 5M di Masa Pandemi

Siarandepok.com- Pemerintah kota (Pemkot) Depok Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 yang menjadi momentum untuk evaluasi dan refleksi perjalanan kota Depok dalam menangani pandemik.  Yang dilaksanakan di Aula lantai 5 Balaikota Depok.

“Hari ini kita mengajak masyarakat untuk mensyukuri keberhasilan Kota Depok menekan laju kasus COVID-19. Dan  jadikan momentum penyemangat khususnya pegiat sektor kesehatan untuk terus mengabdi dan berkarya bagi Kota Depok, agar kita terus bangkit dari keterpurukan masa gawat darurat yang lalu,” kata Supian Suri, Jumat (12/11/2021).

Sebagai Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Supian Suri mengajak masyarakat kembali mengingat, melakukan refleksi, mengevaluasi apa yang terjadi dan apa yang dicapai terkait penanganan pandemi.  Ia menekankan, pandemi memberikan hikmah agar manusia dapat membangun resiliensi atau ketahanan kesehatan lebih tangguh dari sebelumnya.

Supian mengatakan “Sejarah Hari Kesehatan Nasional tak lepas dari kesuksesan Pemerintah Indonesia dan khususnya Pemerintah Kota Depok. Namun perayaan tahun ini harus digelar di masa pandemi Covid-19 yang belum benar-benar berakhir,” ujarnya.

Kegiatan ini di gelar dengan tema ‘Sehat Negeriku Tumbuh Indonesiaku’ dengan logo visual yang sarat dengan pesan protokol 5M. Logo berwarna hijau, biru dan jingga itu menggambarkan semangat kerjasama, kolaborasi dan gotong royong elemen kesehatan dan masyarakat dalam melawan pandemi Covid-19.

HKN ke-57 ini menggambarkan semangat kerjasama, kolaborasi dan gotong royong elemen kesehatan dan masyarakat dalam melawan pandemi Covid-19. Selain itu, Supian mengingatkan untuk menjaga diri dengan tetap menerapkan protokol 5 M dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun ini.

Kolaborasi TNI Polri dan Pemerintah Kota Depok dalam program vaksinasi yang kini tengah digencarkan di berbagai Kecamatan, Kelurahan dan bahkan sampai ke RW demi meningkatkan imunitas masyarakat. Gerakan Vaksinasi itu akhirnya dapat membantu membentuk Herd Immunity yang merata ke pelosok, sehingga mewujudkan Kota Depok yang sehat, lepas dari pandemi Covid-19 dan terus tumbuh.

“Meskipun kondisi sudah mulai kembali normal, kita wajib terus menjaga diri dan keluarga dari penyebaran virus Corona,” ujar Supian.

Mencuci tangan setidaknya selama 20 detik dengan menggunakan air bersih dan sabun cuci tangan agar kuman dan bakteri mati seluruhnya. Lakukan setiap hari dan khususnya sebelum makan atau minum dan setelah menggunakan kamar mandi, berjabat tangan dengan orang lain, bersin atau beraktivitas di luar rumah.

Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2021 kita bisa peringati dengan meningkatkan disiplin diri untuk selalu Menggunakan masker supaya melindungi diri kita dan orang lain dari paparan Covid-19. Dan gunakan masker dengan tepat dan pilih jenis yang sesuai dengan aktivitas maupun kebutuhan kita.

“Pastikan untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain, minimal satu meter. Tujuannya untuk menghindari droplet khususnya dari orang yang bicara, batuk, atau bersin,” ungkapnya.

Hal ini tidak bosan untuk terus mengingatkan masyarakat untuk Menjauhi kerumunan di sejumlah tempat wisata dan fasilitas publil, kini memang sudah dibuka untuk masyarakat. Namun lebih baik kita tetap menghindari tempat yang rawan kerumunan, keramaian dan berdesakan.

“Resiko kita terpapar virus Covid-19 tetap tinggi apabila bertemu dan berkomunikasi dengan orang banyak. Apalagi jika kondisi kesehatan kita sedang tidak baik serta risiko lainnya,” jelas Supian.

Untuk mengurangi mobilitas, Pandemi Covid-19 memang membuat banyak orang frustasi karena harus berdiam diri di rumah saja. Namun tahan diri agar tetap mengurangi mobilitas, khususnya yang tidak perlu dilakukan dan mendesak.

“Semoga di Hari Kesehatan Nasional ini seluruh masyarakat Kota Depok, dapat memetik hikmah dari kejadian musibah penyebaran virus Corona yang terjadi di Indonesia ini. Sehingga Kota Depok yang Tumbuh Negeriku, Tumbuh Indonesiaku dan Sejahtera Kotaku akan segera terwujud,” tutupnya (Adi).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru