Sebaiknya, Jangan Berteman Dengan Mantan, deh..

- Reporter

Rabu, 30 Januari 2019 - 11:00

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Siarandepok.com – Memangg bukan hal yang mudah ketika seseorang yang mengisi hari-hari kita penuh warna, dengan sekejap penghilang, karena sudah putus.  Beberapa orang mungkin ada yang berusaha ‘biasa aja’ dengan tetap menjalin komunikasi sama mantan kaya biasa. Bahkan, sebuah riset di Universitas Kansas Amerika Serikat menyebutkan, sebanyak 60% dari pasangan yang udah putus, memutuskan untuk menjalin hubungan pertemanan.

 

Buat dia yang kecewa berat, merasa dikhianati, ditinggalkan dalam kondisi marah, mungkin bakal mikir berkali-kali buat menghubungi mantan lagi. Bisa juga orang yang justru jadi pemutus hubungan bisa aja muncul rasa bersalah, jengkel, sampai muak. Mungkin nggak sih dengan adanya perasaan-perasaan kaya gitu masih ingin menjalin hubungan pertemanan?

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

 

Resiko Berteman sama Mantan

 

Adanya perasaan pengin temenan sama mantan itu, kalau katanya therapist Nina Atwood muncul karena ingin seseorang berusaha untuk mengurangi rasa sedih dan kehilangannya. Mungkin temenan sama mantan pacar terdengar seperti ide yang bagus, tapi ada banyak banget tantangan yang harus dihadapi. Misalnya tabrakan sama perasaan emosional yang bisa bikin baper.

 

atau gini, “stalking dia lewat sosmed aja..!”

 

Jawabannya, no. Hal terpenting untuk benar-benar move on dari mantan adalah dengan mengizinkan diri kamu untuk menemukan sumber bahagia di tempat lain. Melansir dari Psychology Today, dengan adanya hubungan antara stalking sosmed sama peningkatan rasa cemas dan kecemburuan. Jadi, nggak perlu untuk buka-buka lagi lembaran keangan dengan mantan, termasuk stalking sosmed mantan. Gimana kalau ternyata dia udah posting sama pasangannya yang baru? Makin berkeping-keping hati kamu..

 

Menurut riset di Oakland University. Ada orang yang cenderung ‘memaksakan’ diri untuk tetap berteman sama mantan itu bisa jadi salah satu tanda psikopat. Terkesan sangat Ekstrem. Tapi, dari riset itu disebutkan seseorang yang memilih untuk tetap berteman sama mantan menunjukkan adanya niat manipulatif, uang, sampai seks. Nah, rangkaian motivasi ini bisa jadi karakter kompleks karena ada permainan emosi naik turun, dan jadi salah satu tanda pribadi psikopat. Tapi jangan khawatir, ini tidak berlaku untuk banyak orang.

 

Terus, Harus Gimana Dong?  

 

Bagi beberapa orang, mungkin benar-benar memutuskan hubungan sama sekali sama mantan adalah perilaku yang childish. Tapi ternyata, itu justru baik buat kesehatan mental kamu lho. Psikolog Karen Sherman mengatakan, adanya rentang waktu untuk benar-benar berpisah itu penting banget sebelum kembali memulai hubungan pertemanan. Dia menyebutkan, ngga usah lama-lama, yang penting benih-benih romansa yang ada dalam diri udah pudar dulu sebelum masuk ke tahap hubungan baru tanpa asmara: berteman.

 

Intinya, berteman sama mantan itu bukan sesuatu yang mustahil. Itu bisa aja terjadi dan berjalan baik, kalau memang diakhiri dengan baik dan ngga berat sebelah. Dalam salah satu jurnal terbitan Personal Relationships juga disebutkan, kalau hubungan asmara diawali dengan pertemanan, bukan hal yang ngga mungkin untuk bisa kembali lagi berteman seperti dulu.

 

Sumber: Ibunda.id

<

Berita Terkait

Bangun Potensi dan Karakter Santri, Pesantren Leadership Daarut Tarqiyah Primago adakan Pembukaan Kegiatan Ekstrakurikuler
1 Windu Berkiprah, Pesantren Leadership Daarut Tarqiyah Primago adakan Syukuran dan Seminar Online
Grand Syaikh Al-Azhar Apresiasi Pondok Pesantren Darunnajah Dalam Memperkuat Pendidikan Agama Islam di Indonesia
Ulama Besar, Grand Syaikh Al-Azhar Bakal Hadir di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta
Madina Muharram Festival 1446 H, Ramah Keluarga, Beribu Manfaat
Alumni Muda Gontor Sambut Baik Sejumlah Pendukung Idris Balik Arah Jagokan Supian Suri
Keluarga Besar SDIT & SMPIT ARRAHMAN DEPOK 2024 Adakan TRIP Ke Pangandaran bersama Dirgantara AIA Tour Travel Depok
Hj Nurhayati: Stunting Ini Bisa Diselesaikan Asal ….

Berita Terkait

Minggu, 14 Juli 2024 - 17:29

Bangun Potensi dan Karakter Santri, Pesantren Leadership Daarut Tarqiyah Primago adakan Pembukaan Kegiatan Ekstrakurikuler

Sabtu, 13 Juli 2024 - 17:16

1 Windu Berkiprah, Pesantren Leadership Daarut Tarqiyah Primago adakan Syukuran dan Seminar Online

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:58

Grand Syaikh Al-Azhar Apresiasi Pondok Pesantren Darunnajah Dalam Memperkuat Pendidikan Agama Islam di Indonesia

Kamis, 11 Juli 2024 - 13:01

Ulama Besar, Grand Syaikh Al-Azhar Bakal Hadir di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Senin, 8 Juli 2024 - 18:38

Madina Muharram Festival 1446 H, Ramah Keluarga, Beribu Manfaat

Sabtu, 6 Juli 2024 - 12:19

Aliansi BEM PTMA-I Zona 3 Minta Polisi Usut Tuntas Sejumlah Kasus Represifitas

Sabtu, 6 Juli 2024 - 08:08

Keluarga Besar SDIT & SMPIT ARRAHMAN DEPOK 2024 Adakan TRIP Ke Pangandaran bersama Dirgantara AIA Tour Travel Depok

Sabtu, 6 Juli 2024 - 08:04

Hj Nurhayati: Stunting Ini Bisa Diselesaikan Asal ….

Berita Terbaru