Menu

WaliKota Depok, Mohammad Idris Resmikan Kafe dan Car Wash Tuna Rungu

  Dibaca : 484 kali
WaliKota Depok, Mohammad Idris Resmikan Kafe dan Car Wash Tuna Rungu

Siarandepok.Com- Peresmian Deaf Cafe and Car Wash “Finger Talk” di Cinere oleh Wali Kota depok Muhammad Idris, merupakan bentuk memberi dukungan dan semangat penuh terhadap karya maupun kegiatan yang dilakukan penyandang disabilitas. Pihaknya juga berjanji akan memperbaiki fasilitas serta menambah sarana dan prasarana bagi difabel di Kota Belimbing ini.

“Apresiasi penuh dan semangat akan kami beri untuk bisa berkarya. sebagaimana Unesco yang juga sudah memberi perhatian khusus kepada penyandang disabilitas khususnya masalah fasilitas,” ujarnya saat kegiatan peresmian Cafe and Car Wash Tunarungu ‘Finger Talk’ di Cinere, Sabtu (24/9/2016).

Menurut orang nomor satu di Kota Depok itu, dirinya mengatakan perhatian untuk penyandang disabilitas sudah dijalankan misalnya dari sisi pendidikan dengan memberikan kelas inklusi bagi penyandang. Selain itu, sarana dan prasarana seperti jembatan, penyebrang jalan dan alat transportasi lainnya juga terus diupayakan agar semakin baik.

“Saat ini sekolah negeri dan swasta sudah memiliki pendidikan inklusi di setiap kelasnya. Kami juga akan meminta bantuan provinsi agar fasilitas sekolah luar biasa (SLB) terus diberikan secara intens,” paparnya kembali.

Sementara itu, Pemilik dari Cafe and Car Wash, Dissa Syakina mengaku prihatin dengan terbatasnya lapangan pekerjaan yang dimiliki teman-teman difabel. Untuk itu, pihaknya bekerjasama dengan beberapa lembaga bertekad menyediakan lapangan pekerjaan khusus untuk penyandang disabilitas.

“Kebanyakan teman teman tunarungu jadi tukang parkir, tukang sampah dan kerja di restoran, begitu saya melihatnya dan mereka kerjanya tidak berkomunikasi dengan kita yang ‘hearing’. maka dengan dibukanya car wash ini kita berharap dapat mempersatukan orang tunarungu dengan orang normal agar dapat berkomunikasi juga dalam bahasa isyarat,” jelasnya.

Kedepannya dia berharap tidak hanya cafe dan car wash saja namun finger talk ini nantinya bisa sebagai wadah sekaligus training untuk mereka agar lebih mandiri.

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!