oleh

Ziarah Makam Keluarga Sekaligus Berbagi Ke Petugas Makam TPU Belimbing

Siarandepok.com – Sudah menjadi tradisi warga Depok, setiap akan memasuki Bulan Suci Ramadan (munggahan) melakukan ziarah kubur kepemakaman keluarga, baik kakek, nenek, orangtua, anak maupun saudara yang telah meninggal dunia, dengan membersihkan area pemakaman dan doa ahli kubur untuk almarhum dan almarhumah.

Milenial dari keluarga besar Almarhum/Almarhumah Baba Ali/Nyak Ani dan Bapak Royani Hamid/Ibu Muhani Kp .Lio, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Depok melakukan ‘Ziarah Kubur Bersama’ ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kp Belimbing, Depok, pada Minggu (04/04/2021) sekitar kurang lebih seratus orang dengan menggunakan kendaraan motor.

“Iya, ini memang untuk pertama kalinya kami anak, cucu dan ponakan yang menamakan diri Kaum Milenial Keluarga Besar Baba Ali/Nyak Ani dan Bapak Royani Hamid/Ibu Muhani Kp. Lio Depok mengadakan ziarah bersama-sama ke TPU Kp. Belimbing, Depok,” kata Andri koordinator Ziarah Kubur Bersama didampingi Adlly Rakasiwi.

Andri mengatakan, ziarah bersama ini akan menjadi agenda tahunan, selain juga sudah membentuk group WhatsApp Milenial dengan tujuan menjalin silaturahmi dan agar tidak mati obor.

“Menjaga silaturahim dan agar tidak mati obor sangat penting, untuk itu kami sebagai generasi penurus keluarga besar melakukan berbagai kegiatan, salah satunya dengan ziarah kubur bersama dan program Halalbihalal pada akhir bulan Mei 2021 sehabis lebaran ke Pantai Anyer,” tuturnya.

Sedangkan Adlly Rakasiwi mengatakan, kegiatan ziarah kubur bersama dan halalbihalal ini memang sudah diprogram begitu terbentuk group WhatsApp Milenial Kp. Lio. Lanjutnya dikatakan Adlly, bukan hanya melakukan ziarah kubur bersama saja, tetapi menyiapkan juga bingkisan dan uang untuk para petugas/penjaga Makan TPU Belimbing, Depok.

“Kami juga berbagi pada penjaga makam dengan memberikan paket sembako dan uang. Semoga apa yang kami berikan dapat bermanfaat bagi keluarga dalam menyambut datangnya bulan suci ramadan,” ungkap Adlly.

Adlly menambahkan, selama ini kan kalau melakukan ziarah keluar kota mengunjungi makam-makam bersejarah. Muncul ide dan gagasan kenapa tidak melakukan ziarah kemakam keluarga saja yang dekat diutamakan.

“Banyak masyarakat melakukan ziarah bersama atau rombongan keluar kota, nah saya balik dah, untuk utamakan ziarah bersama ke makam keluarga besar sendiri, selain dekat dan hampir semua makam keluarga berada di TPU Kp. Belimbing,” tegasnya.

Sementara salah satu penjaga makam TPU Belimbing Kelurahan Depok, Boy merasa kaget, karena tidak menyangka akan dapat bingkisin paket sembako dan uang. Karena selama ini, orang-orang yang datang berziarah mengunjungi makam keluarga masing-masing tidak ada yang rombongan seperti sekarang ini,

“Kaget juga saya dan teman-teman yang bertugas di TPU Belimbing mendapat bingkisan dari keluarga besar dari Kp. Lio, Depok. Dan ini untuk pertama kalinya dilakukan almarhun dan almarhumah keluarga besar Kp. Lio melakukan ziarah kubur bersama menyambut datangnya bulan puasa,” tutupnya.

(Diana Hanny)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru