oleh

Presiden Malioboro Undu Landu Paranggi Meninggal Dunia

-Berita-14 views

siarandepok.com – Kabar duka datang dari dunia sastra tanah air. Penyair Umbu Landu Paranggi telah meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) Bali Mandara, Selasa (6/4/2021).

Sebelum akhirnya menghembuskan nafas terakhir, Umbu sempat menjalani perawatan karena penyakitnya. Kabar kepergian Umbu ini disampaikan melalui akun Twitter Kenduri Cinta.

“Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Duka kami, mengantarmu ke huma yang sejati Bapak Umbu Landu Paranggi Pada hari Selasa tanggal 6 April 2021 pukul 03.55 WITA di RS Bali Mandara. #MaiyahBerduka,” cuit Kenduri Cinta.

Kabar duka juga disampaikan oleh sastrawan sekaligus kurator Bentara Budaya Bali, Warih Wisatsana melalui akun Facebook-nya.

“Sahabat kita, Bung Umbu Berpulang. Guru batin kami pamitan dini pagi tadi. Kawan-kawan yang berjaga di rumah sakit Bali Mandara mengabari, pukul 03.55 Wita. Mohon maaf dan perkenan doa teman-teman bagi Penyair rendah hati yang tulus ini, semoga lapang jalan pulangnya dalam naungan Kasih Sang Maha Indah,” tulis Warih Wisastana.

Semasa hidupnya, Umbu dijuluki sebagai ‘Presiden Malioboro. Dia telah melahirkan banyak karya sastra. Umbu lahir pada 10 Agustus 1943 di Sumba, Nusa Tenggara Timur.

Umbu pernah menjadi redaktur puisi dan sastra di koran Mingguan Pelopor Yogyo, Jalan Malioboro, Yogyakarta. la juga mendirikan komunitas belajar sastra dan puisi yang diberi nama Persada Klub. Umbu juga merupakan sahabat dari guru Emha Ainun Nadjib (Cak Nun) dan Cak Nun juga bergabung dengan komunitas Persada. Cak Nun telah belajar banyak tentang sastra dari Umbu.

 

Penulis: IA

Editor: SF

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru