oleh

Hindari Penggunaan Masker Palsu, Kenali Ciri Masker Layak Pakai

siarandepok.com – Selama masa pendemi COVID-19 salah satu upaya untuk mencegah penularan adalah menggunakan masker. Namun, telah beredar di masyarakat terkait isu masker palsu yang dikhawatirkan membuat seseorang rentan tertular virus SARS-CoV-2.

Menggunakan masker merupakan salah satu cara efektif untuk melindungi diri dari paparan COVID-19. Memilih masker tidak boleh sembarangan loh!

Masker yang kamu gunakan harus mendapatkan izin edar dengan memenuhi syarat mutu, keamanan, serta manfaat agar memberikan perlindungan yang maksimal. Masker yang direkomendasikan untuk masyarakat, yakni masker N95, KN95, masker bedah, dan masker kain.

Untuk mendapatkan izin edar, masker harus memenuhi syarat mutu, keamanan, serta manfaat dengan lulus uji Bacterial Filtration Efficiency (BFE), Particle Filtration Efficiency (PFE), dan breathing resistance.

Masyarakat diminta untuk berhati-hati saat memilih masker yang akan digunakan. Pastikan kamu cek terlebih dahulu apakah masker tersebut telah memenuhi standar atau belum. Ini penting, sebab untuk mengetahui apakah maskermu bekerja secara maksimal untuk melindungimu dari percikan droplet maupun mencegah penularan virus dan bakteri.

Tips Memilih Masker yang Asli dan Aman untuk Digunakan.

  1. Produk masker sudah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan biasanya tercantum pada kemasan.
  2. Izin edar dapat dicek melalui website: infoalkes.kemkes.go.id.
  3. Jika tenaga kesehatan dan masyarakat menemukan masker yang dicurigai tidak memenuhi standar agar melaporkan melalui akses Halo Kemkes di 1500567.

 

Penulis: RR

Editor: SF

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru