oleh

Alkohol, Besar Bahayanya Kecil Manfaatnya

siarandepok.com – Tentunya Anda sudah sering mendengar tentang bahaya alkohol, apalagi jika Anda minum terlalu banyak. Kehilangan kendali diri, risiko kecelakaan, dan alkoholisme yang disebabkan oleh perilaku kekerasan adalah bahaya jangka pendek yang dapat disebabkan oleh minuman keras.

Disisi lain, meminum minuman beralkohol dalam jumlah sedang dapat menurunkan risiko penyakit berbahaya seperti stroke, diabetes, dan penyakit jantung. Namun, meminum alkohol dalam jumlah kecil atau besar tetap tidak dapat mengurangi kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh zat tersebut.

Berbagai Bahaya Alkohol untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa bahaya alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan, yaitu:

  1. Merusak hati

Hati adalah organ terbesar di tubuh manusia dan fungsinya untuk menetralkan racun di dalam darah. Selain itu, hati juga berperan dalam metabolisme kolesterol dan menghasilkan protein yang dapat digunakan dalam proses pembekuan darah. Namun, jika Anda minum terlalu banyak alkohol, hal itu dapat merusak atau bahkan mengganggu fungsi hati.

Saat minuman beralkohol masuk ke dalam tubuh, hati akan bekerja lebih keras untuk mengolah alkohol. Bahaya minum alkohol dapat menyebabkan radang hati dan berujung pada penyakit seperti penumpukan lemak di hati, sirosis, hepatitis alkoholik dan kanker hati.

  1. Rentan terkena pankreatitis

Pankreas merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia dan berperan penting dalam memproduksi enzim dan hormon yang membantu proses pencernaan. Namun, bila Anda minum terlalu banyak alkohol, pankreas menghasilkan zat beracun, membuat Anda rentan terhadap pankreatitis.

  1. Mengalami masalah sistem pencernaan

Minum berlebihan dalam waktu lama juga bisa menyebabkan rusaknya saluran pencernaan. Kerusakan saluran pencernaan seperti ini membuat nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tidak terserap dengan baik, sehingga Anda rentan terhadap kekurangan nutrisi. Selain mengganggu pencernaan, bahaya minum berlebihan juga bisa memicu penyakit maag bahkan kanker saluran pencernaan.

  1. Menurunkan fungsi otak

Jika Anda rutin minum alkohol, fungsi otak akan menurun. Ini karena bahaya alkohol dapat mengganggu kinerja zat kimia di otak yang berfungsi sebagai pengatur fungsi otak. Akibatnya, minum berlebihan bisa menurunkan fungsi otak. Jika Anda minum terlalu banyak alkohol, dapat menyebabkan otak kehilangan koordinasi, mengurangi refleks tubuh, mengurangi penglihatan, gangguan mood, pelupa, pingsan, dan risiko stroke.

  1. Risiko terkena penyakit jantung

Minum alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan masalah jantung, seperti aritmia, peningkatan tekanan darah, dan melemahnya otot jantung yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

  1. Meningkatkan risiko kanker

Sebuah penelitian membuktikan bahwa kebiasaan minum alkohol meningkatkan risiko berbagai jenis kanker. Ini karena alkohol diketahui memiliki sifat karsinogenik yang dapat merusak sel manusia dan menyebabkan kanker. Beberapa jenis kanker dapat terjadi, seperti kanker mulut dan tenggorokan, kanker leher, kanker hati, kanker payudara, dan kanker kolorektal.

Meskipun orang mengira bahwa alkohol memiliki efek positif pada tubuh, efek positif ini tidak sebanding dengan bahaya yang ditimbulkan alkohol. Selain itu, peminum yang tidak bertanggung jawab, seperti saat mengemudi dapat mengakibatkan kecelakaan yang mengancam jiwa. Karena itu, mulailah mengurangi konsumsi alkohol untuk mencegah berbagai gangguan kesehatan. Jika Anda tetap ingin minum alkohol karena manfaatnya, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter.

 

Penulis (KA)

Editor (RR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru