oleh

Pentingnya Menjaga Daya Tahan Tubuh, Yuk Intip Tipsnya!

Siarandepok.com – Sistem daya tahan tubuh atau dikenal dengan sistem imun adalah sekumpulan sel, jaringan, dan organ tubuh yang bekerja untuk melindungi tubuh dari molekul asing yang berasal dari luar, serta bisa menyebabkan penyakit.

Sistem ini akan menjadi pelindung tubuh dari berbagai virus. Meskipun, sistem imun tubuh secara normal dapat bekerja sangat efisien dalam menghadapi musuh tersebut. Namun, apabila sistem imun menurun akan memudahkan tubuh terserang penyakit.

Oleh karena itu, sangat penting menjaga daya tubuh agar kondisi tubuh dapat melawan virus-virus jahat. Berikut ini telah kami rangkum tips-tips meningkatkan daya tahan tubuh, yuk intip tipsnya!

  1. Konsumsi Makanan Kaya Dengan Kandungan Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral bisa kalian dapatkan dari mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Asupan vitamin dan mineral yang cukup dapat menambah kekuatan imunitas secara menyeluruh. Tidak hanya itu saja, kandungan mineral juga dikaitkan dengan antioksidan dan telah terbukti dapat memengaruhi daya tahan tubuh.

  1. Menjaga Asupan Nutrisi Bagi Tubuh

Nutrisi sangat dibutuhkan oleh sel-sel dalam tubuh sehingga bisa bekerja dengan baik. Kurangnya asupan nutrisi dapat menurunkan fungsi sel dan menyebabkan menurunnya sistem imunitas tubuh. Nutrisi penting bagi tubuh diantaranya, karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, hingga omega 3 dan 6.

  1. Olahraga Dengan Teratur

Sudah tidak perlu diragukan lagi manfaat dari olahraga bagi kesehatan. Selain menjadikan tubuh menjadi bugar, olahraga juga dapat meningkatkan daya tubuh. Terlebih jika olahraga yang kalian lakukan di bawah sinar matahari pagi.

  1. Menghindari Stres dan Menenangkan Diri

Berbagai penelitian telah membuktikan, bahwa stres sangat berhubungan dengan menurunnya kinerja Natural Killer Cell, juga sel darah putih, dan antibodi dalam darah. Hal itu dapat menyebabkan menurunnya imunitas tubuh seseorang sehingga mudah terserang penyakit.

  1. Tidur Yang Cukup

Kurang tidur dan kelelahan dapat menurunkan imunitas tubuh. Tubuh perlu beristirahat yang cukup, yakni dengan durasi waktu 7-9 jam tiap malam. Tidur yang cukup akan membuat tubuh menjadi lebih segar dalam menyambut esok hari.

Itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Sangat penting, terlebih selama masa pandemi kita sangat perlu menjaga kesehatan agar tidak mudah terkena virus.

 

(SF)

(DMC)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru