oleh

Konsumsi Yogurt Secara Rutin untuk Menjaga Kekebalan Tubuh

siarandepok.com – Menjaga kekebalan dan menegakkan protokol kesehatan adalah dua hal yang bisa melindungi kita dari Covid-19. Makanan yang kita konsumsi berperan penting dalam menciptakan daya tahan tubuh.

Berbagai penelitian menyimpulkan bahwa menjaga kesehatan mikrobioma (ekosistem mikroba) merupakan kunci untuk menjaga kesehatan. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, keseimbangan bakteri di usus juga meningkatkan pencernaan, mengurangi peradangan, dan mengurangi risiko kanker.

Cara termudah untuk menyeimbangkan bakteri usus adalah dengan mengonsumsi probiotik secara teratur. Misalnya yoghurt, kefir, dan berbagai makanan fermentasi lainnya. Karena praktis dan memiliki rasa yang beragam, menjadi pilihan banyak orang.

Yoghurt merupakan produk susu hasil fermentasi, sehingga laktosa yang terkandung dalam susu telah diubah menjadi asam laktat. Yoghurt mengandung bahan bermanfaat seperti bakteri menguntungkan (probiotik) dan serat makanan, yang dapat membantu fungsi sistem pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh; kalsium membantu memperkuat tulang dan gigi; vitamin B6 dan B12, asam ribonukleat, kalium, dan magnesium.

Yoghurt asli memiliki rasa asam akibat fermentasi laktosa menjadi asam laktat, sehingga kita harus hati-hati memilih produk mana yang merupakan produk yoghurt sebenarnya. Periksa kembali rasa yoghurt yang Anda makan, karena jika terlalu manis, bisa jadi yoghurt memiliki tambahan gula yang cukup tinggi.

Yoghurt juga terbuat dari susu murni sebagai pengganti susu bubuk, dan diproses pada suhu yang sesuai, sehingga terdapat bakteri menguntungkan yang bermanfaat bagi kesehatan antara lain Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus.

Pada dasarnya yoghurt merupakan makanan yang aman dikonsumsi setiap hari, namun anda hanya bisa meminum hingga tiga cangkir yoghurt dalam sehari.

Untuk berbagai rasa, kita bisa menambahkan buah sebagai topping untuk yoghurt, atau jika ingin lebih praktis bisa membeli produk yoghurt yang sudah mengandung buah.

Bosan dengan gaya konsumsi Anda? Kita juga bisa mengolah yoghurt menjadi berbagai makanan sehat, seperti oatmeal semalam, campuran smoothie atau dibuat menjadi es loli anak-anak.

 

 

Penulis : ZW

Editor : My

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru