oleh

Atasi Hilangnya Penciuman dan Rasa dengan Bantuan Makanan Berikut!

siarandepok.com – Salah satu gejala COVID-19 adalah kehilangan indra penciuman, kondisi ini disebut dengan Anosmia yang biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih. Hal ini menjadi sesuatu yang sulit untuk diatasi dan dapat membuat stres pasien secara psikologis. Tidak dapat mencium bau hingga kehilangan nafsu makan, keadaan ini juga dapat memperlambat pemulihan.

Meski tidak ada obat yang terbukti untuk mengatasi gejala ini. Namun, ada beberapa pilihan makanan yang dapat membantu untuk mendapatkan kembali indra perasa dan penciuman.

Berikut beberapa makanan yang dapat membantu untuk mengatasi gejala COVID-19, hilangnya indra penciuman dan rasa, dikutip dari Times of India.

  1. Bawang putih

Muncul sebagai obat antivirus dan peningkat kekebalan selama pandemi. Disarankan konsumsi bawang putih pedas karena mengandung khasiat yang meredakan pembengkakan dan peradangan di sekitar saluran hidung.

Bermanfaat untuk memudahkan pernapasan juga membantu memulihkan indra penciuman dan rasa lebih cepat. Mungkin bawang putih tidak bisa dihirup. Namun, bisa menjadi alternatif lain, yaitu dapat dengan membuat ramuan panas dari bawang putih yang dihancurkan dan diberi air.

  1. Bubuk cabai merah dan cabai rawit

Seperti cabai rawit atau bubuk cabai merah dapat membantu mengembalikan indra penciuman, meski bukan pengobatan yang didukung sains. Namun, manfaatnya terletak pada kandungan kuat yang ada dalam rempah, yaitu capsaicin, dikatakan secara efektif “membersihkan” hidung yang tersumbat, mengaktifkan indera, dan meningkatkan fungsi indera penciuman.

  1. Minyak esensial

Cara yang ampuh untuk memperbaiki otak dalam mengembalikan kemampuan indra penciuman dan pengecap adalah dengan pelatihan penciuman. Dapat dilakukan dengan menghirup minyak esensial selama 20-40 detik dan dilakukan 2 atau 3 kali sehari.

  1. Aroma jeruk

Trik yang membantu untuk mendapatkan kembali indra penciuman dan perasa, salah satunya dengan menghirup aroma jeruk yang dibakar atau memakan daging dari jeruk yang hangus. Hal ini dapat menyegarkan indra penciuman untuk mengendus sesuatu yang kuat dan akhirnya mendapatkannya kembali. Namun, ingat bahwa ini adalah trik yang beredar di media sosial dan bukan pengobatan yang disetujui dokter.

  1. Minyak jarak

Mengandung sifat antioksidan, antiinflamasi, dan telah digunakan oleh orang-orang yang sering menderita gejala nyeri sinusitis dan alergi untuk mengurangi pertumbuhan polip hidung. Minyak jarak juga cukup bermanfaat dalam meredakan gejala batuk, pilek, dan membangun kembali indra penciuman.

 

Penulis: IMA

Editor: SF

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru