oleh

Makanan Tinggi Gula dapat Memicu Penyakit Jantung, Ini Alasanya

siarandepok.com – Selama ini makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol diketahui dapat menyebabkan penyakit jantung. Tapi, tahukah Anda bahwa makanan manis juga meningkatkan risiko penyakit jantung? Sebuah studi yang diterbitkan oleh AHA Journals tahun 2002 menemukan bahwa asupan gula yang tinggi juga meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. Haitham Ahmed, ahli jantung di Klinik Cleveland, mengatakan gula memiliki efek yang merusak jantung.

Ia mengatakan: “Makanan tinggi gula biasanya bebas kalori dan bebas nutrisi. Hal ini berdampak negatif pada lipid, metabolisme dan risiko diabetes.” Secara rinci, ada beberapa faktor yang membuat gula berdampak buruk bagi kesehatan jantung:

  1. Meningkatkan kolesterol jahat

Diet tinggi gula membuat hati mensintesis lebih banyak kolesterol LDL (low density lipoprotein) atau kolesterol jahat. Selain itu, mengonsumsi makanan manis juga dapat menurunkan kolesterol HDL (high-density lipoprotein), yaitu kolesterol baik. Gula berlebih juga dapat meningkatkan trigliserida (sejenis lemak darah). Di saat yang sama, gula juga menghambat enzim yang memecah trigliserida.

  1. Mengganggu metabolisme

Saat kita mengonsumsi gula, kadar gula darah naik dengan cepat. Hal ini menyebabkan peningkatan insulin, yang merupakan hormon penyimpan lemak. Semakin banyak gula yang kita konsumsi, semakin banyak insulin yang kita keluarkan. Akibatnya, kita menumpuk lebih banyak lemak.

Ahmed berkata: “Semakin banyak lemak yang Anda miliki, semakin kuat resistensi Anda terhadap insulin. Situasi ini akan menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak hormon insulin, yang mengarah pada lebih banyak penyimpanan lemak. Lingkaran setan ini mengarah pada pra-diabetes dan diabetes, berat badan.”

Gain dan Ahmed (Ahmed) mengatakan, sindroma metabolik, semua faktor ini dapat menyebabkan obesitas, dan obesitas merupakan faktor risiko penyakit jantung.

  1. Meningkatkan tekanan darah

Sebuah studi di “Open Journal” menemukan bahwa makan makanan yang kaya sukrosa dapat menyebabkan peningkatan tajam dalam tekanan darah sistolik dan diastolik.

Selain itu, setiap minuman manis yang Anda konsumsi setiap hari meningkatkan risiko penyakit jantung sebesar 8%. Singkatnya, peningkatan kadar gula dapat menyebabkan natrium menumpuk di dalam sel, menyebabkan kalsium menumpuk di dalam sel, menyebabkan vasokonstriksi dan hipotensi.

 

Penulis ZW

Editor RR

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru