oleh

Wagub DKI Buka Peluang Usulan Lockdown Weekend

Siarandepok.com – Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Jawa-Bali masih terus berjalan. Namun, menurut wakil gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengakui bahwa penerapan PPKM ini tidak efektif. Hal ini membuat Riza kemungkinan menerima usulan untuk penerapan kebijakan lockdown akhir pekan (weekend).

Riza mengatakan angka penularan Covid-19 masih tinggi karena masa libur panjang natal dan tahun baru lalu yang memunculkan banyaknya klaster keluarga.

“Ya, yang disampaikan Pak Jokowi betul, memang ini belum efektif. Ini perlu waktu karena kita baru saja melewati masa libur panjang di akhir Januari,” ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (2/2/2021).

Riza menyatakan memang ada keputusan untuk melakukan lockdown weekend, maka bisa saja diterapkan. Namun hal ini harus ada pertimbangan yang matang sebelum dijalankan.

“Di Turki ada lockdown weekend Sabtu, Minggu, silakan saja itu kami serahkan kepada teman-teman DPR yang mungkin sudah sampaikan ke Kemenkes, BNPB, pemerintah pusat,” jelasnya.

Riza meyakini jika momen akhir pekan bisa membuat penularan Covid-19 terjadi. Karena, banyak warga beraktifitas di luar rumah seperti berbelanja kebutuhan pokok hingga sekadar jalan-jalan pergi liburan.

“Termasuk berkunjung ke sanak saudara, termasuk luar kota. Ini semua dapat menimbulkan interaksi yang menimbulkan kerumunan,” pungkasnya.

 

Penulis (DL)

Editor (RR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru