oleh

Resmi Jabat Kapolri! Jokowi Resmi Lantik Listyo Sigit Prabowo

siarandepok.com – Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik Presiden Joko Widodo menjadi Kapolri pada hari ini, Rabu (27/1) di Istana Negara pada jam 10.00 WIB. Listyo Sigit Prabowo menjabat sebagai Kapolri menggantikan Idham Aziz yang sudah menyelesaikan masa jabatannya.

Diketahui bahwa Listyo Sigit Prabowo ini merupakan satu-satunya calon Kapolri yang dipilih oleh Presiden Joko Widodo.

Pembaca keputusan Republik Indonesia oleh sekretaris militer presiden.

“Tentang pengangkatan kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia. Keputusan presiden Republik Indonesia Nomor 5 Polri Tahun 2002 tentang pengangkatan kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa. Presiden Republik Indonesia menimbang dan seterusnya, mengingat, dan seterusnya memutuskan, menetapkan dan seterusnya. Kesatu, memberhentikan dengan hormat Jenderal Polisi Drs. Idham Azis M.Si NRP 63010868 sebagai kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya yang telah disumbangkan kepada bangsa dan negara Republik Indonesia selama memangku jabatan tersebut. Kedua, mengangkat Komisaris Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo NRP 69050335 sebagai kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia. Ketiga, keputusan presiden ini mulai berlaku sejak saat pelantikan pejabat sebagaimana dimaksud pada diktum, keputusan presiden ini di Jakarta pada tanggal 25 Januari 2021 Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Yang telah ditentukan pengambilan sumpah jabatan kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia oleh presiden Republik Indonesia.”

Presiden Joko Widodo kemudian menanyakan kesediaan Listyo Sigit Prabowo untuk diambil sumpahnya. Kemudian, Listyo Sigit Prabowo menjawab bersedia.

“Demi Tuhan Yang Maha Esa saya menyatakan berjanji dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya pada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas-tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baik, dan penuh rasa tanggung jawab.  Bahwa saya akan menjunjung tinggi tribrata kiranya Tuhan menolong saya.”

Setelah itu, Presiden Joko Widodo melakukan penanggalan serta penyematan tanda pangkat dan tanda jabatan serta penyerahan tongkat jabatan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia kepada Listyo Sigit Prabowo.

 

Penulis: RR

Editor: SFP

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru