oleh

Membangun Akhlak, DKM Permata Sawangan Mengadakan Zoom Bagi Remaja WFH

Siarandepok.com – Pandemi Covid-19 yang belum berkesudahan memunculkan motivasi warga Permata Sawangan, Kota Depok, untuk menemukan cara terbaik membina anak-anak dan remaja agar tetap bisa menerima pendidikan.

Fajar Sulaiman, ketua Dewan Kesejahteraan Masjid Darul Huda, yang terpilih menggantikan Eko Prasetianto untuk periode 2021-2024, mengatakan, “Alhamdulillah, kami menemukan solusi. Pemanfaatan gadget secara maksimal untuk mengisi work from home, pengganti dihentikannya proses belajar mengajar tatap muka di sekolah.” Baginya, pendidikan formal memang dibutuhkan dalam dunia formalitas bursa kerja. Namun menurutnya kultur budaya Nusantara membutuhkan pendidikan dan pengajaran keagamaan dalam bingkai keindonesiaan. “Akhlak yang baik, InsyaAllah, menunjang terbentuknya kebaikan karakter bangsa. Inilah yang baru dimulai, dengan prinsip lebih baik terlambat ketimbang tidak berbuat sama sekali.”

Bersama pengurus DKM Darul Huda, Fajar Sulaiman, didukung warga Permata Sawangan segera merealisasikan program-program kebaikan bersama dengan manajemen transparan berdasar kegotongroyongan. “InsyaAllah, sumbangsih warga sekecil apapun menjadi amal baik bagi individu, keluarga, dan lingkungan.”

Setiyo Iswoyo, Praktisi Parenting Multiple Inteligensia, yang juga merupakan warga setempat, mengatakan, “Pengajaran melalui zoom menjadi pilihan terbaik di tengah situasi pandemi Covid-19.” Ia juga mengakui bahwa panggilan nuraninya semakin semangat untuk berbagi manfaat kepada lingkungan dengan adanya dukungan antusiasme remaja dan para orang tua yang bersangkutan.

Tercatat sedikitnya 35 remaja yang mengikuti program setiap Jumat malam dengan tajuk: Bincang Motivasi Online : Menjadi Remaja yang Tidak Biasa. Materi yang disampaikan yaitu: Mengenai Diri dan Merancang Cita-cita ; Etika Bersosial Media dan Pemanfaat HP secara Positif ; Adab Terhadap Orang Tua, Keluarga, dan Teman ; Etika Pergaulan Remaja dalam Islam.

Menurut anggota Tim Pengembangan Nasional Kurikulum 2013 itu, kegiatan ini dapat membangun kesadaran para remaja dalam meraih kunci kesuksesan tersebut terkandung memiliki akhlak mulia, menjaga ibadah, meraih ridho orangtua, menjaga pergaulan, semangat & fokus belajar.

“Kemampuan mengembangkan keterampilan Abad 21 itu berupa kemampuan komunikasi dan kolaborasi, kreativitas dengan berpikir kritis,” ujar Pak Ia atau Abi Hisyam, panggilan akrab Iswoyo, master trainer millennia 21″ Century academy itu.

(IM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru