oleh

Rakor FKDM Cilodong Mempersiapkan Usulan Program untuk Musrenbang Tingkat Kecamatan

SiaranDepok.com – Memasuki tahun 2021, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kecamatan Cilodong adakan rapat koordinasi (Rakor) bertempat di rumah makan Soto Situ Cilodong, Kalibaru. Selasa (19/01/2021).

Rakor FKDM Cilodong yang dihadiri oleh Ketua FKDM Kota Depok, Rudi dan Husni dari FKDM Cimanggis, Hermansyah dari kec. Pancoran Mas, Mufid dari kec. Cipayung dan pengurus serta anggota FKDM dari Cilodong.

Dikesempatan tersebut, Rudi ketua FKDM Kota Depok menjelaskan, bahwa dasar kinerja FKDM telah di atur oleh peraturan nomor 14 tahun 2019 revisi kepmendagri nomor 2 tahun 2018 tentang kewaspadaan dini daerah sebagai pedoman katanya.

Pengaturan kinerja FKDM itu diputuskan oleh pengurus bersama anggota untuk menyusun programnya.

Di sisi lain Rudi mengungkapkan, FKDM Cilodong sebaiknya sudah mempersiapkan konsep untuk kewaspadaan dini yang terintegrasi di wilayah masing–masing dan melakukan laporan pada Camat sesuai dengan peran FKDM.

Selain itu, FKDM Cilodong selalu tanggap terhadap ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan (ATHG) pada lingkungan sekitarnya.

 

Apa yang dimaksud dengan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) ?

FKDM adalah lembaga yang dibuat oleh pemerintah sebagai mitra dengan tujuan untuk meningkatkan kewaspadaan dini dalam menyikapi dan menyelesaikan issu strategis. Serta upaya untuk mewujudkan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman sebagai perlindungan masyarakat terhadap ancaman gerakan separatisme, terorisme, radikalisme, intel erabsi, narkoba, warga negara asing, tawuran masa dan kejahatan lainnya.

Dalam kesempatan itu, FKDM Cilodong meiliki kesempatan untuk membuat konsep program untuk disampaikan kepada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di wilayahnya.

Yuli ketua FKDM Cilodong didampingi Toni Yusep dan Sentot S sebagai anggota berencana akan mempersiapkan program FKDM.

“Kita utamakan kantor sekretariat dan isi dahulu, kemudian membuat perencanaan pembentukan FKDM di 5 kelurahan” kata Yuli yang diaminkan oleh Toni dan Sentot.

Mengenai anggaran juga kita sudah buat sejak tahun 2020, karena situasi dalam kondisi Pandemi Covid-19 ini, kita tetap akan buatkan prosolnya untuk satu tahun, berikut usulan dari pengurus dan anggota, tutupnya.

Penulis (My)

Editor (My)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru